Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 12 Okt 2019 16:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Jembatan Suramadu, 7 Fakta dari Sejarah Hingga Lokasi Festival

Puti Yasmin
detikTravel
Jembatan Suramadu, 7 Fakta dari Sejarah Hingga Lokasi Festival/Foto: Kementerian PUPR
Jembatan Suramadu, 7 Fakta dari Sejarah Hingga Lokasi Festival/Foto: Kementerian PUPR
Jakarta - Jembatan Suramadu berada di Selat Madura, Jawa Timur. Jembatan ini dibangun untuk menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Madura. Nah, apa saja fakta menariknya?

Jembatan Suramadu menjadi salah satu ikon Jawa Timur. Bahkan, setiap malam pemandangan cantik juga terlihat dari Jembatan Suramadu.




Berikut fakta-fakta Jembatan Suramadu yang dirangkum detikcom:

1. Sejarah

Sejarah Jembatan Suramadu dibangun pada tahun 2003. Hanya saja, waktu pengerjaannya molor hingga 6 tahun sehingga baru diresmikan di tahun 2009.

2. Habiskan Triliunan

Pembangunan Jembatan Suramadu menghabiskan dana hingga triliunan rupiah. Diketahui biaya investasi pembangunan oleh 4 kontraktor lokal tersebut mencapai Rp 4,5 triliun.

3. Terpanjang di RI

Jembatan Suramadu menjadi jembatan terpanjang di Indonesia. Tercatat panjangnya mencapai 5.348 meter dan memliki empat lajur, dua rah selebar 3,5 meter.

4. Waktu Tempuh 10 Menit

Dengan dibangunnya Jembatan Suramadu, waktu tempuh Surabaya dan Madura menjadi lebih cepat, yakni hanya 10 menit. Biasanya, dengan menggunakan kapal waktu tempuh mencapai 30 menit.

5. Lokasi Festival

Jembatan Suramadu juga menjadi tempat rekreasi. Terbukti beberapa festival kerap diadakan di sana yang menampilkan, olahraga, seni, hingga kuliner.



6. Diresmikan Dua Presiden

Pada tahun 2003 Jembatan Suramadu dimulai pembangunannya di masa Presiden Megawati Soekarnoputri. Kemudian, saat peresmiannya disahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

7. Gratis

Jembatan Suramadu resmi menjadi jalan non tol yang gratis sejak akhir 2018 lalu. Sebelumnya, jembatan ini memasang tarif untuk pengendara yang lewat.

Simak Video "Heboh Fenomena Air Laut di Suramadu 'Terbelah' Jadi 2 Warna"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA