Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 15 Nov 2019 17:48 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Cari Kuliner Malam di Karimun, ke Sini Saja

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Wisata kuliner malam di Taman Bunga Karimun (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Wisata kuliner malam di Taman Bunga Karimun (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Tanjung Balai Karimun - Traveler yang datang ke suatu destinasi pasti mencari wisata kuliner saat malam. Nah, kalau kalian datang ke Kabupaten Karimun yang ada di utara perbatasan Indonesia, jangan lewatkan kuliner di Taman Bunga.

Lokasi kuliner malam di Taman Bunga berada di pesisir dekat Pelabuhan Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Taman kuliner malam ini sudah ada selama belasan tahun.




Biasanya mereka menggelar lapak dagang sejak setelah Salat Asar dan berjualan hingga dini hari. Ada berbagi macam makanan di sini dan yang pasti harganya terjangkau.

Contoh makanannya yakni, nasi goreng, sate padang, ayam sambal atau geprek. Haus, ada berbagai macam jus di sini, mulai dari alpukat hingga jeruk.

Cari Kuliner Malam di Karimun, ke Sini SajaFoto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom

Di sisi lain, sebelum adanya Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) yang disediakan PLN, para pedagang memanfaatkan genset dari pelabuhan sebagai satu-satunya sumber penerangan yang mendukung roda bisnis mereka. Saat PLN menyediakan SPLU di Taman Bunga, para pedagang sepakat berbondong-bondong berpindah.

Dengan demikian, mereka dapat menekan biaya pengeluaran yang lebih rendah, para pedagang juga semakin kompak karena memiliki uang kas bersama yang digunakan untuk mengisi daya atau pulsa SPLU per bulannya.

Darwis mengatakan, sebelumnya biaya uang listrik saat memakai genset bisa mencapai Rp 80 ribu per bulannya. Kini ia cukup membayar uang kas Rp 10 ribu hingga 15 ribu per minggunya atau sekitar Rp 40 ribu hingga Rp 60 ribu per bulan untuk biaya listrik.

Cari Kuliner Malam di Karimun, ke Sini SajaFoto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom

"Saya buka, berjualan berdua dengan istri, dari jam 5 sampai jam 12. Biasanya per hari bisa dapat Rp 400 ribu hingga Rp 500 ribu dan bisa sampai Rp 1 juta," ujar Darwis.

Terakhir, suasana di Taman Bunga ini seperti food court sederhana. Tambahannya yakni ada beberapa pengamen di sini yang akan menghibur Anda dengan lagu-lagu kekinian.

Ikuti terus berita tentang ekspedisi di pulau-pulau terdepan Indonesia di tapalbatas.detik.com!

Simak Video "Gemerlap di Perbatasan Indonesia Bagian Utara"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA