Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 02 Feb 2020 12:11 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kata Traveler tentang Hutan Kota KLHK di Jakarta

Putu Intan
detikTravel
Arboretum KLHK
Arboretum dikunjungi berbagai kalangan mulai dari pelajar, pekerja, sampai keluarga. (Foto: Putu Intan Raka Cinti)

FOKUS BERITA

Hutan Kota Cantik
Jakarta -

Hutan Kota Arboretum KLHK jadi tempat alternatif warga Jakarta untuk bersantai di tengah padatnya aktivitas. Bagaimana pendapat mereka tentang hutan kota ini?

Traveler yang punya segudang aktivitas namun ingin rehat sejenak menikmati rindangnya pepohonan bisa datang ke daerah Senayan. Di sana ada Hutan Kota Arboretum Ir. Lukito Daryadi M.Sc yang menawarkan wisata alam, edukasi, serta kuliner.

Di Hutan Kota Arboretum, traveler akan menemukan ratusan tanaman dan bila beruntung bisa melihat burung-burung yang tinggal di sana. Selain itu, magnet dari kawasan ini adalah Arborea Cafe yang menyajikan aneka menu makanan dan minuman, tempat berkumpul, dan tentunya spot foto yang instagramable.

Pengunjung duduk-duduk di tengah hutan.Pengunjung duduk-duduk di tengah hutan. (Foto: Putu Intan Raka Cinti)

Ketika detikcom mengunjungi kawasan tersebut, tampak puluhan orang datang untuk sekadar duduk-duduk atau bercengkerama bersama teman, pasangan, maupun keluarga. Ada pula yang datang ke Hutan Kota Arboretum untuk belajar bersama dan mengerjakan tugas kantor.

Seorang pengunjung bernama Sarah sampai jauh-jauh naik motor dari Jakarta Utara untuk menikmati suasana Arboretum. Perempuan berusia 20 tahun ini mengaku terpanggil untuk datang usai mendapatkan rekomendasi dari temannya.

"Aku dapat rekomendasi dari teman terus aku lihat di Instagram bagus juga, kayak unik gitu," katanya sembari menyeruput minuman yang ia pesan dari Arborea Cafe.

Sarah datang ke sana tak sendirian ke Hutan Kota Arboretum, ia mengajak 3 temannya yang lain. Salah satu temannya yang bernama Kikey memuji kawasan Arboretum yang selama ini hanya ia lihat di media sosial.

"Tempatnya unik karena di pusat Jakarta. Pas gitu di tengah kota ada tempat begini dengan nuansa forest," ujarnya.

Selain itu, mereka juga mendukung langkah Arborea Cafe yang meminimalisir penggunaan plastik dengan menggunakan sedotan kertas.

"Bagus pakai paper straw karena kita lagi mengurangi penggunaan plastik, kan. Mendukung pelestarian lingkungan," kata Sarah.

Pengunjung berfoto dengan latar hutan yang hijau.Pengunjung berfoto dengan latar hutan yang hijau. (Foto: Putu Intan Raka Cinti)

Pengunjung lainnya, Ilda yang merupakan seorang pekerja, sengaja mampir ke Hutan Kota Arboretum seusai bekerja. Ia juga datang ke sana setelah mendapatkan rekomendasi dari temannya.

"Ini sudah incaran lama tapi baru bisa sekarang," ucapnya.

"Kebetulan aku kalau lagi stres di kantor memang suka lihat-lihat tempat wisata yang terjangkau. Ini kan strategis terus termasuk murah, harga terjangkau untuk pekerja," lanjutnya.

Sementara itu pengunjung lainnya bernama Refi sudah sempat berkeliling Hutan Kota Arboretum dan melihat-lihat berbagai jenis tanaman di sana. Di setiap pepohonan juga dilengkapi barcode yang menyediakan informasi mengenai profil tanaman tersebut.

"Tadi aku nyoba scan barcode ternyata ini dari delegasi tahun 1978 semua. Selain bisa nikmatin suasana, jadi bisa ngasi informasi juga nih ke anak-anak tentang jenis-jenis pohon. Bisa nambah wawasan," katanya.

Selain memuji Hutan Kota Arboretum, pengunjung juga menemukan beberapa hal yang perlu dibenahi, misalnya mengenai kebersihan.

"Kebersihan kurang ya," kata Refi.

Masih ditemukan plastik sampah yang belum dibuang di beberapa titik.Masih ditemukan plastik sampah yang belum dibuang di beberapa titik. (Foto: Putu Intan Raka Cinti)

Dari pantauan detikcom, di kawasan Hutan Kota Arboretum memang banyak daun berguguran yang menutupi jalan setapak. Selain itu, tumpukan plastik hitam yang berisi sampah juga masih terlihat di beberapa titik.

Selain itu, pengunjung juga menyarankan adanya penunjuk arah atau pemberitahuan mengenai lokasi Arboretum tersebut karena belum banyak orang yang mengetahuinya.

"Diberi penunjuk arah karena tadi sempat bingung arahnya kemana dari pintu masuk KLHK. Lalu orang luar daerah yang ada kepentingan ke KLHK dan butuh tempat menunggu bisa diarahkan ke sini, saya lihat belum ada pemberitahuan apakah tempat ini hanya boleh dikunjungi pegawai di sini atau terbuka untuk umum," terang Ilda.

Secara umum, pengunjung yang datang ke Hutan Kota Arboretum merasa puas dengan suasana hutan dan keunikan Arborea Cafe. Tempat ini dinilai cocok untuk bersantai di tengah padatnya aktivitas dan hiruk-pikuk Jakarta. Pastinya, bakal makin keren kalau dipoles lagi.



Simak Video "Ngopi di Tengah Suasana Hutan di Arborea Cafe"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/krs)

FOKUS BERITA

Hutan Kota Cantik
BERITA TERKAIT
BACA JUGA