Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Feb 2020 19:11 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Watu Ambeng, Titik untuk Menikmati Candi Borobudur dari Perbukitan

Eko Susanto
detikTravel
candi Borobudur
Peserta harus mendaki puncak Watu Ageng untuk melihat candi Borobudur dari ketinggian. (Eko Susanto/detikSport)
Magelang -

Selain Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah memiliki sejumlah jalur trekking untuk traveler. Yakni, di Watu Ambeng.

Candi Borobudur bisa didatangani langsung. Traveler hanya perlu mendatangi candi itu dan membayar ongkos tiket masuk.

Tapi, Candi Borobudur juga bisa dilihat dari jauh. Yakni, melalui Watu Ambeng di Candirejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Dari lokasi ini, bisa dinikmati sejumlah gunung sekaligus, di antaranya, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dab puncak Tidar.

Untuk mencapai lokasi paling pas menggunakan jeep, sebab jalur didominasi tanjakan dan kelokan. Sudah begitu, traveler harus trekking lebih dulu.

"Jika nanti ada penumpukan pengunjung di Candi Borobudur, wisatawan punya alternatif lain di sekitar candi," kata Sahrodin, perwakilan operator wisata di Magelang kepada detikTravel, Rabu (11/2/2020).

Selain Watu Ambeng, jalur trek juga terdapat di Watu Kendil dan Watu Tumpeng.

"Kami sudah kali kedua, yang pertama pakai VW (mobil VW). Pakai VW sudah bagus, ini kita keliling kalau dulu pakai VW nggak pakai lewat jalan nanjak, sekarang pakai acara nanjak ternyata Magelang ini banyak yang harus kita gali. Istilahnya wisatawan ke Magelang, nggak perlu ke Jogja," kata Dadang Abdul Kodir, salah satu traveler dari Cirebon.

"Di Magelang sudah mewakili, dataran tingginya bagus-bagus, pemandangan view ke bawah bagus. Trekking desa wisatanya juga bagus sekali dengan adanya balkondes itu kan jadi akhirnya tertata. Dari mulai edukasinya, kulinernya, oleh-olehnya memadai," ujarnya.

"Sunrise selalu diminati oleh wisatawan. Bromo ramai, Dieng ramai, kemudian di Bandung daerah Lembang, mereka lihatnya sunrise. Di Magelang ternyata juga ada, saya baru lihat tadi ternyata bagus, amazing. Apalagi kalau bisa breakfast di situ kan mantap sekali. Nanti bisa ditawarkan justru jadi minat khusus," ujar dia.



Simak Video "Mulai Hari Ini, Pengunjung Borobudur Cuma Bisa Naik sampai Lantai 8"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA