Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 14 Feb 2020 16:17 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bikin Paspor Tak Sampai 30 Menit di Lippo Mall Kemang

Putu Intan Raka Cinti
detikTravel
Bikin Paspor Tak Sampai 30 Menit di Lippo Mall Kemang
Unit Layanan Paspor di Lippo Mall Kemang (Foto: Putu Intan Raka Cinti/detikcom)
Jakarta -

Traveler yang punya rencana liburan ke luar negeri namun belum punya paspor atau sudah punya tapi masa berlakunya habis, sekarang bisa mengurus paspor dengan lebih efisien di Unit Layanan Paspor (ULP) Lippo Mall Kemang. Selain lokasinya yang mungkin dekat dari tempat tinggal traveler, antreannya juga tak sepadat di kantor Imigrasi lainnya, lho.

Ketika detikcom mengunjungi ULP tersebut pada Kamis (13/2/2020) siang, terlihat belasan orang yang menunggu giliran baik untuk pembuatan maupun pengambilan paspor. Antreannya juga rapi karena saat ini siapapun yang akan melakukan pembuatan atau penggantian paspor harus mendaftarkan diri secara online. Setiap harinya, ULP ini juga hanya memberikan kuota 192 pemohon.

Selain antrean yang rapi, ULP yang diresmikan pada 5 Agustus 2019 lalu ini juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti akses prioritas untuk lansia, difabel, dan balita. Ada pula tempat untuk anak-anak bermain lego serta pengisi daya ponsel yang dapat digunakan pengunjung. Lebih asyiknya lagi, ULP ini juga memberikan layanan WiFi gratis.

Suasana di dalam ULP Lippo Mall Kemang.Suasana di dalam ULP Lippo Mall Kemang. (Foto: Putu Intan Raka Cinti/detikcom)

Tak hanya sejumlah fasilitas tersebut, ULP Lippo Mall Kemang juga memberikan kemudahan yang tak diberikan di tempat lainnya.

"Kalau dia (pemohon) ada berkas kurang, kita memberikan kelonggaran. Misalkan dia antrean online hari ini terus ternyata dia engga bawa salah satu berkas. Menurut kebijakan dari atasan kan memang diberi waktu 5 hari. Jadi, misalnya dia mengajukan hari ini, Kamis, sampai Kamis minggu depan dia tidak perlu daftar antre online lagi asal lapor ke bagian informasi. Kalau di tempat lain kan daftar lagi harus menunggu 30 hari, kalau di sini diberi kelonggaran 5 hari, tapi kalau lewat dari itu ya harus daftar online lagi,"kata petugas imigrasi ULP Lippo Mall Kemang, Sarah Meilita Indrani.

detikcom yang mencoba sendiri proses pembuatan paspor di sini merasakan kecepatan dan kemudahan yang diberikan. Setelah menunjukkan bukti antrean online, pemohon akan diberikan nomor antrean. Setelah itu, pemohon akan dipanggil untuk masuk ke dalam ruangan pembuatan paspor. Di sana petugas akan meminta sejumlah dokumen yang menjadi syarat pembuatan paspor seperti e-KTP, akta kelahiran, kartu keluarga, ijazah, serta paspor lama bagi yang sebelumnya telah memiliki paspor.

Jika sudah diverifikasi, pemohon akan diwawancarai oleh petugas mengenai tujuan pembuatan paspor. Setelah itu dilakukan pengambilan foto dan sidik jari. Tahap akhir, petugas akan memberikan lembar pembayaran pembuatan paspor.

Keseluruhan proses ini memakan waktu tak sampai 30 menit. Selain itu petugas juga melayani pemohon dengan ramah dan menjelaskan secara perlahan bila ada hal yang tak dimengerti oleh pemohon.

ULP dilengkapi fasilitas khusus difabel, lansia, dan balita.ULP dilengkapi fasilitas khusus difabel, lansia, dan balita. (Foto: Putu Intan Raka Cinti/detikcom)

Usai mengikuti serangkaian proses tadi, pemohon harus membayarkan biaya pembuatan paspor melalui bank atau ATM. Biayanya Rp 350 ribu untuk paspor biasa dan Rp 650 ribu untuk e-paspor. Paspor bisa diterima pemohon sekitar 3 hari untuk paspor biasa sedangkan untuk e-paspor harus menunggu selama 10 hari.

Traveler yang ingin membuat paspor di sini bisa datang pada Senin-Kamis pukul 08.00-16.00 WIB dan Jumat pukul 08.00-16.30 WIB. ULP ini terletak di area Parkir 5B Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan.



Simak Video "dYouthizen: A New Basecamp for YOU!"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA