Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 22 Feb 2020 15:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

KAI 'Hidupkan' Jalur Cibatu-Garut, Ini Tempat Wisata di Garut yang Keren

Lusiana Mustinda
detikTravel
Sunset di Gunung Papandayan
Tempat wisata di Garut yang indah. Foto: Hakim Ghani/detikcom
Jakarta -

Bertepatan dengan HUT Kabupaten Garut ke-207 akan dilakukan pengecekan bersama jalur Cibatu-Garut bersama rombongan Bupati Garut dan Direksi KAI. Reaktivasi jalur kereta Cibatu-Garut ini membuat warga sangat antusias.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, Jalur Kereta Api Cibatu-Garut akan beroperasi untuk umum dalam waktu dekat. "Tentunya kami sangat berterima kasih kepada PT KAI. Ini adalah kado manis bagi warga Garut di ulang tahun kami yang ke-207 ini," kata Rudy di Stasiun Garut kepada detikcom, Rabu (19/2/2020).

Nantinya jika sudah diresmikan tentu para wisatawan dapat dengan mudah datang ke Garut dengan kereta api. Warga Garut bisa ke Bandung dan Jakarta dengan kereta api. Tentunya hal ini juga berdampak pada semakin ramainya tempat wisata di Garut.

Berikut 7 tempat wisata di Garut yang bisa kamu kunjungi:

1. Pantai Santolo

Tempat wisata di Garut.Tempat wisata di Garut. Foto: Istimewa

Pantai Santolo menjadi salah satu tempat wisata primadona di Garut. Pantai ini terletak di Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Selain dapat bermain pasir di pinggiran pantai, pengunjung juga bisa menyewa kuda untuk mengelilingi pesisir pantai sembari selfie. Pantai Santolo selalu ramai dikunjungi saat musim liburan atau pun muslim Lebaran.

2. Gunung Papandayan

Tempat wisata di Garut.Tempat wisata di Garut. Foto: (Niken Purnamasari/detikTravel)

Wisata Garut Gunung Papandayan juga jadi objek wisata favorit. Traveller pendaki gunung pasti sering plesiran di Garut untuk mendaki Gunung Papandayan. Gunung ini letaknya di Kecamatan Cisurupan, Garut, Jawa Barat.

Tak hanya dapat melihat keindahan kawah, hutan mati dan bunga Edelwishnya. Tapi juga di Gunung Papandayan juga terdapat kolam renang air belerang yang hangat, menara Padang hingga sungai kuning yang jernih airnya.

Kalau ke Gunung Papandayan, jangan lupa mencicip kopi asli Gunung Papandayan yang banyak dijual oleh pedagang di sana.

3. Kawah Talaga Bodas

Tempat wisata di Garut.Tempat wisata di Garut. Foto: (Hakim Ghani/detikTravel)

Kawah Talaga Bodas harus ditempuh sekitar 1,5 jam perjalanan dari pusat Kota Garut. Di sini ada beberapa kolam air panas yang disuguhkan dengan kedalaman yang berbeda-beda. Pemandangan di kawah ini dihiasi dengan pemandangan hijau dan gunung kapur yang ada di sekelilingnya.

Tempatnya Instagramable sehingga bisa berendam sambil berfoto-foto.

4. Wisata Air Panas Darajat Pass

Tempat wisata di Garut.Tempat wisata di Garut. Foto: Hakim Ghani/detikcom

Tak hanya Wisata Garut Cipanas, kini wisata air panas yang baru dan populer adalah Darajat. Objek wisata ini berada di kecamatan Pasirwangi, Garut. Semua kolamnya menggunakan air belerang yang mengalir langsung dari pegunungan. Selain itu, di sini juga banyak memiliki wahana-wahana yang menarik perhatian anak-anak. Sehingga wisata ini cocok untuk keluarga.

Pemandian air panas Darajat harga tiket masuknya mulai dari Rp 25.000.

5. Candi Cangkuang

Tempat wisata di Garut.Tempat wisata di Garut. Foto: Hakim Ghani/detikTravel

Wisata alam di Garut yang berbasis situs peninggalan sejarah bisa kamu temui di Candi Cangkuang. Candi ini terletak di Kecamatan Leles, Garut. Kamu dapat melihat candi peninggalan kerajaan Hindu abad ke-8.

Dan yang bikin unik, tepat di samping candi terdapat makan pemuka agama Islam zaman dahulu yaitu Syekh Arif Muhammad. Selain mengunjungi sejarah Candi Cangkuang, para wisatawan juga dapat menyewa perahu rakit kayu untuk berkeliling di danau Cangkuang.

6. Pantai Rancabuaya

Tempat wisata di Garut.Tempat wisata di Garut. Foto: (Rina Tri Handayani/d'Traveler)

Tempat wisata Pantai Garut yang bisa kamu datangi adalah Pantai Rancabuaya. Pantai ini berada di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Garut, Jawa Barat. Pantai Rancabuaya ini mulai dikenal sejak penayangan film yang diambil dari novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari. Pantainya indah dengan hamparan pasir yang ada di sekitarnya.

7. Kebun Durian Garut

Tempat wisata di Garut.Tempat wisata di Garut. Foto: Hakim Ghani/detikTravel

Lokasi kebun ini terletak di Jalan KH Anwar Musaddad, tepatnya di Kampung Kuyamut, Tarogong Kaler. Lokasinya tak jauh dari kawasan wisata air panas, Cipanas. Di kebun seluas 20 hektare ini pengunjung bisa makan durian sepuasnya langsung dari pohonnya.

Harga tiket masuk ke Kebun Durian Garut ini gartis. Kamu cukup membeli buah durian yang ada disana dengan harga sekitar Rp 50-100 ribu-an.

Nah detikers, tempat wisata di Garut mana yang kamu suka?



Simak Video "Pengakuan Aneh Bos Paguyuban Pengubah Lambang Garuda Soal Gelar Profesor"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA