Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Agu 2021 08:56 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah Legenda Si Gombar dan Si Kuik, Lokomotif Hitam Andalan Warga Garut

Hakim Ghani
detikTravel
Bangunan utama Stasiun Garut lama yang kini direnovasi
Foto: (Hakim Ghani /detikcom)
Garut -

Reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut sebentar lagi akan segera terwujud. Hal itu membuka kembali ingatan warga Garut tentang kegagahan dua lokomotif berjuluk Si Gombar dan Si Kuik.

Si Gombar dan Si Kuik merupakan sisa-sisa kejayaan kereta api yang paling dikenang khususnya oleh para pemuda Garut tahun 70-an hingga awal 80-an. Si Gombar dan Si Kuik dianggap warga dua lokomotif hitam gagah yang terbaik di kelasnya saat itu.

Sebutan Si Gombar atau yang dilafalkan warga Garut 'Si Gomar' merupakan julukan untuk lokomotif uap jenis CC 5001 dan CC 5029 yang tiap hari kala itu mengitari rel kereta api Cibatu-Cikajang, Garut.

Sedangkan Si Kuik merupakan julukan yang diberikan warga Garut untuk lokomotif DD 52 Seri SS 1200 yang lebih ramping dan dianggap lebih cepat.

detikcom berbincang dengan Tatap Supriadi (60), seorang warga Tarogong Kaler yang dulunya tinggal di sekitaran Stasiun Garut, Jalan Veteran, Kecamatan Garut Kota.

Tatap menceritakan kenangannya bersama Si Gombar dan Si Kuik. Dia menggunakan moda transportasi itu, dulu, untuk pergi ke sekolah.

"Dulu saya sekolah sering naik Si Gombar. Wah legend pisan pokoknya kalau Si Gombar," kata Tatap mengawali perbincangan.

Si Gombar disebut, Tatap sekitar 3 kali jadwal keberangkatannya dalam satu hari. Yakni pagi, siang dan sore. Para pelajar, pegawai kantor, hingga petani kerap naik Si Gombar setiap harinya kala itu.

"Ongkosnya ingat saya cuman Rp 15," ungkap Tatap.

Seorang warga Garut lainnya, Dede (62) mengungkapkan hingga kini dia masih mengingat betul Si Gombar dan Si Kuik. Sama halnya seperti Tatap, Dede juga dulu memanfaatkan kereta api itu untuk pergi ke sekolah.

"Jelas kita masih ingat gimana suaranya, baunya juga khas," ucap warga Sukawening tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Melihat Wajah Baru Stasiun Garut yang Diklaim Termegah di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA