Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Mar 2020 08:49 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Trenggalek! Kabupaten dengan Keindahan Surga Wisatanya

Tri Suharyati
detikTravel
Pantai-pantai di Trenggalek
Wisata indah di Trenggalek. Foto: Adhar Muttaqin/detikTravel
Trenggalek -

Trenggalek yang berbatasan dengan Ponorogo dan Tulungagung di Jawa Timur memiliki destinasi wisata yang memikat. Trenggalek yang dulu tandus memiliki pantai nan indah dan gua-gua yang bikin penasaran.

Trenggalek memiliki kawasan karst. Makanya, di sana banyak banget tebing dan goa. Selain itu, Trenggalek memiliki wisata pantai dan gunung.

Destinasi wisata yang lengkap banget, kan?

Tempat wisata di Trenggalek yang direkomendasikan untuk dikunjungi

1. Pantai Damas

Wisata Trenggalek.Wisata di Trenggalek. Foto: Adhar Muttaqin

Pantai Damas merupakan pantai terluas yang ada di Kabupaten Trenggalek. Nuansa di pantai ini sangat alami dan tenang, cocok untuk kamu yang ingin merelaksasi pikiran setelah kegiatan sehari-hari. Lokasi Pantai Damas ini ada di Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo.

Pantai Damas memang cukup jauh dari pusat kota Trenggalek. Namun, selama menuju perjalanan ke sana, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam sehingga perjalanan tidak begitu terasa jauhnya.

2. Pantai Prigi

Wisata di Trenggalek.Wisata di Trenggalek. Foto: Adhar Muttaqin

Dari sekian banyak pantai yang dimiliki Kabupaten Trenggalek, Pantai Prigi juga menjadi pantai favorit yang sering dikunjungi wisatawan. Lokasinya berada di Desa Tasikmatu, Kac. Watulimo, Kab. Trenggalek. Pantai ini biasanya dipakai para calon pengantin untuk foto prewedding, karena pemandangan alamnya yang indah dan asri.

3. Pantai Pelang

Wisata di Trenggalek.Wisata di Trenggalek. Foto: (Adhar Muttaqin /detikTravel)

Lokasi Pantai Pelang berada di Wocoyono, Panggul, Kabupaten Trenggalek. Pantai ini juga menyuguhkan pemandangan alam dan air yang sejuk dan tenang, saat kamu berada di sini kamu akan mendapat ketenangan.

Terdapat pula air terjun yang katanya bisa membuat pengunjung yang ke sana menjadi awet muda. Jika kamu tidak ingin terkena air, pantai ini juga menyediakan tempat untuk camping dan tempat bermain agar kamu tidak merasakan bosan.

4. Hutan Kota Trenggalek

Wisata di Trenggalek.Wisata di Trenggalek. Foto: Brigida Emi Lilia/d'traveler

Beralih dari pantai, Trenggalek juga memiliki hutan kota yang bisa kamu kunjungi dan dijadikan spot foto liburan. Lokasinya tak sulit dicari karena ada di tengah kota Kabupaten Trenggalek. Di hutan ini kamu akan merasakan kesejukan dari pohon-pohon yang ada. Selain itu tempat ini juga dimanfaatkan untuk melihat keindahan sunrise dan sunset di Areal Gunung Jaaz.

5. Bukit Banyon

Wisata di Trenggalek.Wisata di Trenggalek. Foto: Adhar/detikTravel

Bukit Banyon terletak di Desa Widoro, Kec. Gandusari, Kab. Trenggalek. Bagi kamu yang suka dengan fotografi dan hiking, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi. Di atas bukit ini kamu akan menikmati negeri di atas awan yang menyajikan pemandangan Trenggalek dari ketinggian.

6. Gunung Sepikul

Wisata di Trenggalek.Wisata di Trenggalek. Foto: Barid sophia/d'Traveler

Untuk kamu pecinta wisata ekstrem, kayanya kamu wajib ke Gunung Sepikul ini deh. Lokasinya berada di Desa Watu Agung, Kec. Watu Limo, Kab. Trenggalek, Jawa Timur.

Gunung ini merupakan salah satu spot wisata yang recomended untuk para pecinta wisata ekstrem. Di gunung ini kamu bisa melakukan panjat tebing dan banyak sekali area tebing yang eksotis dan menantang untuk didaki. Pemandangannya yang eksotis pun menjadi ciri khas Gunung Sepikul ini.

7. Goa Lowo

Wisata di Trenggalek.Wisata di Trenggalek. Foto: (Siwi Ragil/d'Traveler)

Trenggalek juga memiliki goa yang biasa dijadikan tempat wisata, namanya Goa Lowo yang berlokasi di Watu Agung, Kec. Watu Limo, Kab. Trenggalek, Jawa Timur. Goa ini merupakan goa terbesar dan terpanjang di Asia Tenggara dan menyimpan berbagai misteri. Di lokasi ini kamu akan menikmati keindahan goa yang diselimuti oleh stalaktit dan stalagmit.

Ukiran di batu-batuan tersebut terbentuk secara alami dari partikel yang terbawa tetesan air di dalam goa selama ribuan tahun. Salah satu keunikan di dalam Goa Lowo Trenggalek ini adalah adanya batu-batuan yang menyerupai hewan atau benda hidup.



Simak Video "Tanpa Rebutan Tumpeng Agung, Peringatan Hari Jadi Trenggalek Digelar Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA