Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Jun 2020 23:00 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Seputar Kerajaan Singosari: Sejarah Hingga Jejak Kejayaan

Lusiana Mustinda
detikTravel
Batu Prasasti Peninggalan Kerajaan Singosari
Peninggalan Kerajaan Singosari. Foto: Enggran Eko Budianto
Jakarta -

Kerajaan Singosari didirikan oleh Ken Arok dengan gelar Sri Rangga Rajasa Sang Amurwabhumi. Puncak kejayaan Kerajaan Singosari ini terjadi pada masa pemerintahan Sri Maharajadiraja Sri Kertanegara.

Singosari pun mengalami keruntuhan karena dua hal yaitu tekanan luar negeri dan pemberontakan dalam negeri. Kerajaan Singosari adalah bagian sejarah yang penting dari Kabupaten serta Kota Malang.

Ada fakta-fakta tersembunyi dari jejak kerajaannya, apa saja?

1. Lokasi


Kerajaan Singosari yang bercorak Hindu-Budha ini terletak di Tumapel sebelah timur Gunung Kawi (sekarang daerah Singosari, Malang, Jawa Timur). Kerajaan Singosari merupakan penyatuan wilayah Kediri dan Tumapel.

2. Berdiri Tahun 1222


Dalam wawancara detikTravel beberapa waktu lalu, Sejarahwan Universitas Negeri Malang (UM) Dwi Cahyono mengatakan, pusat pemerintahan Kerajaan Singosari atau Tumapel berdiri mulai tahun 1222 atau abad ke-13 sampai 1292 Masehi. Hal ini didapatkan dari acuan dari Kitab Pararaton di mana disebutkan bahwa Kota Raja adalah pusat pemerintahan masa awal Kerajaan Singosari yang dipimpin Ken Arok sampai Raja Wisnuwardhana.

3. Jejak Peninggalan Sejarah


Bagi Traveler yang ingin melihat jejak peninggalan sejarah bisa menyusurinya di Kutho Bedah. Tempat ini berada di Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Secara geografis Kutho Bedah ada di bagian Timur Kota Malang.

Kutho Bedah dulunya adalah sebagai pusat pemerintahan Kerajaan Singosari yaitu secara geo strategis atau sudut pandang pusat pemerintahan.

Dwi Cahyono juga menjelaskan, "Jadi Kutho Bedah dengan geografisnya memiliki fungsi alamiah sebagai benteng sekaligus pusat pemerintahan di dalamnya. Bekas parit dan reruntuhan bata dulu sebelum hadirnya pemukiman bisa ditemui. Begitu juga dengan temuan arkeologis lain, seperti gerabah, pecahan keramik, arca, dan umpak."

4. Peninggalan Kerajaan Singosari


Beberapa waktu lalu situs purbakala ditemukan di Dusun Nanasan, Desa Ngawonggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Bentuknya seperti petirtaan (tempat pemandian suci) dan diyakini ini adalah peninggalan Kerajaan Singosari atau Majapahit.

Selain itu, salah satu peninggalan yang tersisa adalah Prasasti Godang yang menjadi tanda kekuasaan Singosari di Mojokerto. Batu prasasti ini ditemukan di sawah milik Atkim, Dusun Rejoso, Desa/Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto.





Simak Video "Sate Gebuk Khas Malang yang Nikmat dan Tidak Alot"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA