Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 26 Jun 2020 11:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kuliner Bekicot Lezat di Yogya, Sudah Pernah Coba?

Stephan Ofel Lassaro
detikTravel
Kuliner Bekicot lezat di Yogya
Foto: Kuliner bekicot di Yogya (Stephan Ofel Lassaro/d'Traveler)
Jakarta -

Ada wisata kuliner unik di Yogyakarta. Warung Kang Wisang menyediakan aneka olahan Bekicot yang lezat. Sudah pernah coba?

Berburu kuliner di Sleman terasa kurang lengkap jika tidak mampir ke warung sate bekicot dan emprit Kang Wisang.

Dengan bahan baku bekicot dan emprit, namun warung Kang Wisang ini ramai oleh pembeli yang penasaran ingin mencicipi daging bekicotnya serta masakan daging bekicotnya memang nikmat.



Daging bekicot sendiri bertekstur empuk dan kenyal. Masakan daging bekicot yang kaya akan rempah-rempah ketika di lahap bersamaan dengan nasi putih memang bikin nagih bagi siapapun untuk datang kembali.

Kuliner Bekicot lezat di YogyaKuliner Bekicot lezat di Yogya Foto: Stephan Ofel Lassaro/d'Traveler



Untuk harga olahan bekicot sendiri mulai dari Rp 13 ribu hingga 15 ribu, dengan berbagai variasi masakan yaitu kicik bekicot, bekicot sambel goreng, tongseng bekicot, rica-rica bekicot, nasi goreng bekicot, bekicot geprek, bekicot saus tiram, bekicot lombok ijo, sate bekicot, dan ditemani oleh berbagai pilihan wedangan.

Warung Kang Wisang setiap harinya buka pukul 12.00 WIB hingga habis. Terletak di Jalan Medari-Cemoro, Keceme RT 05, Caturharjo, Sleman, Yogyakarta. Kuliner ini menjadi pilihan baru bagi kalian yang lapar saat jam makan siang.

Setelah kuliner bekicot, jika kalian beruntung saat mampir ke warung Kang Wisang, kalian akan melihat view mempesona dari Gunung Merapi dan gunung Merbabu yang berada di utara.

Soal makan bekicot, banyak informasi simpang siur. Ada yang mengatakan keong ini beracun namun ada juga yang bilang kalau bekicot aman dikonsumsi dan juga kaya manfaat untuk tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa khasiat bekicot.

1. Memperbaiki suasana hati


Bekicot disebut-sebut ampuh untuk memperbaiki suasana hati. Bekicot mengandung senyawa triptofan yang di dalam tubuh bisa diubah menjadi molekul 5-hydroxytryptophan. Nantinya molekul ini akan merangsang otak untuk memproduksi hormon serotonin dan melatonin, yang berguna untuk memperbaiki suasana hati.

Zat dalam bekicot ini juga ampuh menjadi obat untuk menambah nafsu makan serta membuat kualitas tidur lebih nyenyak. Tapi yang harus diperhatikan adalah proses pengolahan bekicot harus bersih dan benar karena jika tidak diolah dengan benar justru akan menjadi racun dalam tubuh.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan magnesium yang tinggi pada bekicot mampu menjaga stabilitas tekanan darah. Selain itu, bekicot juga mengandung zat yang secara alami menjaga kekuatan tulang serta detak jantung.

Bekicot memiliki kandungan vitamin yang tinggi, salah satunya B12. Vitamin ini penting untuk memproduksi sel darah merah. Kesehatan sistem saraf juga dipengaruhi oleh zat yang terkandung dalam bekicot ini.

3. Bagus untuk kulit


Secara alami, bekicot memproduksi lendir yang melapisi seluruh bagian tubuhnya. Lendir ini memang agak menjijikan tapi siapa sangka kalau lendir bekicot ampuh untuk menjaga kesehatan kulit.

Khasiat ini sudah diketahui sejak lama jadi tak heran banyak produsen kecantikan yang menambahkan lendir bekicot pada produknya. Beberapa produk perawatan kulit menggunakan lendir bekicot untuk mengurangi jerawat dan menghilangkan flek hitam.



---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Stephan Ofel Lassaro dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Oleh-oleh Pia Spesial, Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA