Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 01 Jul 2020 14:57 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Cantiknya Gunung Merbabu yang Bikin Kangen

Yuda Dwinugroho
detikTravel
Gunung Merbabu
Foto: (Yuda Dwinugroho/d'traveler)
Jakarta -

Gunung Merbabu merupakan gunung api tua yang pernah meletus pada tahun 1560 dan 1797. Kini Gunung Merbabu menjadi salah satu favorit pendaki Indonesia.

Gunung Merbabu berada di wilayah Semarang, Boyolali, Magelang, Jawa Tengah. Terletak di ketinggian 3.145 mdpl membuat gunung ini nampak berdiri kokoh sejajar dengan Gunung Merapi.

Gunung ini tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, entah itu yang hanya ingin sekedar menikmati suasana, berselfie, ataupun mendaki.

Bagi sebagian orang, kegiatan mendaki gunung atau yang biasa dikenal dengan sebutan muncak, gunung ini tak akan pernah luput dalam daftar. Sebagian orang yang penat menjalani pekerjaan dan kehidupan sehari-hari yang melelahkan memutuskan untuk mendaki gunung ini karena ingin melepaskan semua bebannya dan me-refresh diri saat sampai di puncak.



Waktu yang cocok untuk mendaki Gunung Merbabu ini adalah pagi atau sore hari. Selama pendakian, kalian akan disuguhkan dengan panorama yang indah jika melewati jalur tertentu. Masing-masing jalur pendakian mempunyai panorama yang berbeda.

Salah satunya adalah jalur selo bisa dibilang jalur favorit karena banyak pendaki yang menggunakan jalur ini. Jalur ini berada di Kabupaten Boyolali.

Keistimewaan jalur ini adalah disuguhkan pemandangan sabana yang luas dan bisa berkemah di sabana tersebut dan saat musim merkarnya bunga edelweiss, kalian akan disuguhkan hamparan padang edelweiss. Namun, kalian tidak diperkenankan memetik bunga itu hanya boleh melihat dan memotretnya.

Ketika kalian sudah lelah ketika mendaki gunung dan melewati jalur pendakian yang tidak mudah, semua akan terbayarkan saat kalian berada di puncak Gunung Merbabu. Kalian bisa menikmati indahnya sunrise di puncak, hamparan awan yang ada di bawah karena gunung ini termasuk gunung yang tinggi.

Kalian juga dapat menikmati indahnya gunung-gunung lain di sekitarnya, seperti Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Slamet, Gunung Prahu, dan Gunung Sindoro.

Jika kalian ingin pergi ke Gunung Merbabu, kalian harus menyiapkan 15.000 per orang untuk tiket masuk basecamp dan 10.000/orang mengisi simaksi. Fasilitas yang disediakan pihak pengelola ada parkiran, mushola, kamar mandi, tempat istirahat, dan lainnya. Tiket tersebut terbilang cukup murah untuk fasilitas dan tentunya panorama yang mengagumkan.

Jadi, mau melakukan pendakian di Gunung Merbabu dengan sensasi yang luar biasa? Gunung Merbabu sangat tepat untuk menikmati panorama yang indah. Betapa bahagianya bisa mendaki serta menikmati suasananya. Tuhan telah memberikan alam yang sangat indah untuk Indonesia, sayang jika dibiarkan begitu saja.

----


Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Yuda Dwinugroho, dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Motivator Tuna Daksa, Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA