Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 09 Agu 2020 14:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Film dan Destinasi Jakarta untuk Napak Tilas Kemerdekaan

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Museum Perumusan Naskah Proklamasi
Ilustrasi (Ria Rahmawti/d'Traveler)

3. Soekarno

Masih soal sang bapak bangsa, film berjudul 'Soekarno: Indonesia Merdeka' juga jadi rekomendasi untuk napak tilas momen kemerdekaan. Diperankan oleh aktor Ario Bayu, film yang rilis tahun 2013 ini bercerita tentang momen-momen persiapan kemerdekaan Indonesia.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi 2019Piano bersejarah di Museum Perumusan Naskah Proklamasi (Elmy Tasya Khairally/detikcom)

Adapun, sejumlah destinasi bersejarah di Jakarta jadi lokasi syuting film yang dibesut Hanung Bramantyo ini. Yang pertama adalah Museum Perumusan Naskah Proklamasi di Menteng.

"Museum Perumusan Naskah Proklamasi, di sinilah perumusan terjadi, Soekarno, M Hatta dan Achmad Soebarjo. Rumahnya Laksamana Maeda, meminjamkan rumah ini untuk dipakai pemuda," terang Ira.

Berlokasi di Jalan Imam Bonjol No.1, Museum Perumusan Naskah Proklamasi memang sangat memegang andil besar dalam kemerdekaan Indonesia. Bahkan di sini masih dapat ditemui piano yang jadi alas Soekarno menulis tangan teks proklamasi yang nantinya diketik Sayuti Melik.

Tugu Proklamasi jadi salah satu monumen bersejarah yang berada di ibu kota. Kompleks Tugu Proklamasi dibangun untuk memperingati kemerdekaan Indonesia.Tugu Proklamasi jadi salah satu monumen bersejarah yang berada di ibu kota. Kompleks Tugu Proklamasi dibangun untuk memperingati kemerdekaan Indonesia (Pradita Utama/detikcom)

Kemudian, lokasi penting lainnya adalah Monumen Proklamasi di Jalan Proklamasi No.10. Fakta menarik lainnya, dahulu di tempat ini berdiri rumah Soekarno yang jadi lokasi pembacaan teks proklamasi.

"Dulu di sini rumahnya Soekarno. Atas perintah Soekarno tahun 1960 dihancurkan. Sekarang dibangun monumen, di tempat inilah kemerdekaan Indonesia dibacakan," pungkas Ira.

Menarik sekali ya traveler, mungkin ada di antara kalian yang ingin napak tilas film kemerdekaan atau datang langsung ke lokasi aslinya. Yang mana pun itu, sekiranya semangat kemerdekaan Indonesia tetap hidup dan membara di hati kita masing-masing, wahai putra putri Indonesia.

Halaman
1 2 3 4 Tampilkan Semua

(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA