Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 25 Agu 2020 15:36 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sejenak Mampir di Taman Digulis Pontianak

Lena Ellitan
detikTravel
taman digulis pontianak
Foto: Lena Elilitan/d'Traveler
Jakarta -

Taman Digulis bisa nih jadi destinasi singkat untuk kamu yang main ke Pontianak.

Taman Tugu Digulis Untan di Jalan Ayani 1 Pontianak Tenggara, Kalimantan Barat, merupakan salah satu destinasi taman yang sering dikunjungi wisatawan. Di pagi hari banyak juga warga setempat ataupun pendatang yang berjalan-jalan kaki atau jogging sambil menikmati taman yang bersih dan cantik yang tidak jauh dari Untan, Pontianak.

Beberapa kali saya berkunjung ke Ibu Kota Pontianak Kalimatan Barat, namun baru dalam perjalanan kali ini saya memiliki kesempatan mampir dan berfoto di Taman Digulis, Pontianak yang terkenal itu. Padahal dalam perjalanan tugas sebelumnya saya menginap di Hotel Mercure yang tidak jauh sebenarnya dari Tugu dan Taman Digulis.

Baru ketika saya menuju Bandara Pontianak dalam peralanan yang cukup jauh dari Singkawang saya berkesempatan mampir dan berfoto di Taman Digulis. Walaupun sejenak akhirnya impian saya terwujud.

Taman Digulis memberikan pemandangan panorama yang indah, bersih, tertata rapi dan alami denganpepohonan yang tumbuh di kawasan itu. Taman ini juga dilengkapi fasilitas bermain anak, jogging track, tempat bermain sepeda jumping dan lapangan badminton.

Memang panas sekali di siang hari, namun dipagi hari atau di sore hari tempat ini memberikan tempat nyaman dan teduh pagi pengunjung yang ingin beraktifitas atau sekedar bersantai taman ini.

Taman ini dibangun dan dipelihara dengan baik oleh dinas Pariwisata kota Pontianak, dan menurut sumber informasi dari pemerintah daerah Kalimatan Barat Taman dan monumen Digulis diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Barat yang saat itu adalah Bapak Soedjiman pada 10 November 1987.

Pada awalnya berbentuk sebelas tonggak menyerupai bambu runcing yang berwarna kuning polos. Pada tahun 1995, monumen ini dicat ulang dengan warna merah-putih. Dan saat ini agaknya sudah diperbaiki dan di renovasi kembali sehingga lebih indah dan hidup.

Masyarakat setempat mengenal monumen dan taman ini sebagai Monumen Sebelas Digulis, disebut juga sebagai Tugu Digulis atau Tugu Bambu Runcing atau Tugu Bundaran Untan. Dikenal juga sebagai tugu bundaran Untan karena monumen ini yang terletak di Bundaran Universitas Tanjungpura, Jalan Jend. Ahmad Yani, Kelurahan Bansir Laut, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak.


---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Lena Ellitan dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Aksi Komunitas Parkour yang Berani, Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA