Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 14 Sep 2020 09:41 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Selamat Pagi dari Pantai Watu Bolong Yogyakarta nan Eksotis

Kristina
detikTravel
Pantai Watu Bolong
Pantai Watu Bolong. (Foto: Kristina/detikcom)
Yogyakarta -

Pantai Watu Bolong menyimpan eksotisme tersembunyi. Pantai ini memiliki pemandangan karang yang indah dan cocok menjadi tempat kemping.

Deretan pantai selatan yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta menyimpan keindahan alam yang mempesona. Salah satunya adalah Pantai Watu Bolong yang berada di balik bukit Pantai Drini. Pantai ini tergolong sepi dan hanya dapat diakses dengan jalan kaki.

Pantai Watu Bolong terletak di Desa Banjarejo, Kapanewon Tanjungsari. Jarak dari Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) utama kurang lebih 3 kilometer. Pengunjung cukup mengikuti arah Pantai Drini. Tepat di balik bukit Pantai Drini sebelah timur akan terlihat pantai mungil penuh batuan karang.

Kendaraan hanya bisa menghantarkan pengunjung sampai tempat parkir yang lokasinya tidak cukup jauh dari bibir pantai. Kurang lebih 500 meter. Ikuti petunjuk arah yang terdapat di sekitar tempat parkir. Setidaknya ada dua pantai yang berdekatan dengan Watu Bolong. Antara lain Pantai Ngrumput dan Puncak Kosakora.

Pantai Watu BolongPantai Watu Bolong. Foto: Kristina/detikcom

Bagi pengunjung yang suka kemping, Pantai Watu Bolong cocok dijadikan tempat untuk mendirikan tenda. Di sebelah utara pantai ini terdapat lahan luas. Apabila musim hujan tiba, lahan ini ditumbuhi rerumputan hijau. Di lahan inilah pengunjung biasanya mendirikan tenda-tenda kemping. Jadi, tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu terjadi ombak pasang khususnya ketika dini hari.

Pantai Watu Bolong diapit dua bukit yang tidak begitu luas. Di bibir pantai bagian tengah terdapat karang besar yang cocok dijadikan tempat berswafoto. Ciri lain yang khas dari pantai ini adalah bebatuan putih yang tersebar di tepian.

Pemandangan alam lain yang ditawarkan adalah keindahan sunrise. Tempat terbaik untuk menikmatinya cukup dengan naik ke karang besar yang ada di tengah pantai. Matahari akan terbit tepat di sebelah kiri bukit pantai.

Pantai Watu BolongPantai Watu Bolong. Foto: Kristina/detikcom

Sayangnya, tidak ada fasilitas umum seperti mushola dan toilet di pantai ini. Bahkan warung-warung penjual mie instant saja tidak ada. Sebagai alternatif, pengunjung dapat berjalan kaki menuju arah Pantai Ngrumput untuk membeli bekal makanan. Tepat di tengah perjalanan sebelum Pantai Ngrumput akan ada warung kecil dengan dagangan cukup lengkap.

Harga tiket masuk Pantai Watu Bolong sudah termasuk tiket satu kawasan atau TPR Baron. Cukup merogoh kocek Rp 10.000, pengunjung dapat menikmati lebih dari 7 pantai dalam kawasan ini.



Simak Video "Berkunjung ke Museum Otomotif Kuno di Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA