Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Sep 2020 16:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Rumah Bersejarah yang Jadi Saksi Perjuangan RA Kartini

Arif Syaefudin
detikTravel
Rumah pesanggrahan kartini
Foto: Rumah pesanggrahan Kartini (Arif Syaefudin/detikcom)
Rembang -

Semasa hidup, Raden Ajeng (RA) Kartini memiliki sebuah villa yang jadi saksi bisu perjuangannya dalam emansipasi wanita. Seperti apa rumah itu?

Lokasi rumah bersejarah ini tepat berada di sebelah utara makam RA Kartini. Di lokasi ini, turut banyak peninggalan sang pahlawan emansipasi wanita tersebut.

Kini, rumah tersebut menjadi rumah pesanggrahan yang mengenang sejumlah peninggalan keluarga RA Kartini. Dan kini digunakan untuk rumah singgah keluarga yakni para cucu RA Kartini dari berbagai wilayah.

Hudaya, keturunan ke lima RA Kartini menyebut, saat ini rumah pesanggrahan tersebut sedang dalam proses renovasi. Sebab, beberapa struktur bangunan sudah mulai mengalami kerusakan.

"Saat ini sedang ada renovasi. Agar lebih nyaman untuk ditinggali. Kebetulan beberapa keluarga ada disini dan ini sedang berembug untuk renovasi ini," paparnya.

Rumah Perjuangan KartiniRumah Perjuangan Kartini Foto: Arif Syaefudin/detikcom


Meski tak lengkap seperti yang ada pada museum RA Kartini Rembang, namun beberapa peninggalan seperti foto dan sejumlah barang milik keluarga, ada di lokasi tersebut.

"Ini ada foto, beliau Mbah Kartini, ada keluarga juga. Foto asli beliau ini. Tapi sementara ya kita turunkan semua ini karena untuk dicat ulang," imbuhnya.


Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto saat berkunjung ke Pesanggrahan menyebut Pemerintah Kabupaten Rembang sedang mengupayakan agar lokasi tersebut dapat dikerjasamakan antara Pemkab dengan keluarga.

"Kita sudah upayakan agar bagaimana Pemkab bisa bersinergi dengan pihak keluarga. Tadi sudah kita minta izin, apakah bisa andai ini (Pesanggrahan) dibuka untuk umum sebagai salah satu obyek rujukan pariwisata," terang Bayu saat berkunjung ke keluarga Kartini, Kamis (17/9/2020).


"Berdasarkan diskusi bersama keluarga tadi, memang ada batasan yang harus kita jalankan. Sebab memang ini benar-benar aset keluarga, sehingga harus kita patuhi. Nanti bagaimana kita sinergikan," imbuhnya.



Simak Video "Film Bertema Kartini yang Wajib Kamu Tonton Selama #DiRumahAja"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA