Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 29 Sep 2020 07:12 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pesona Wisata 5 Daerah Bebas COVID-19 di Indonesia

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Destinasi di Taman Nasional Lorentz.
Foto: (rahmichim/d'Traveler)
Jakarta -

Sejumlah daerah di Indonesia tetap membuka wisata domestik saat pandemi virus Corona. Tak sembarangan, cuma daerah dengan zona bebas COVID-19 yang bisa menerima pelancong, di mana saja?

Indonesia memiliki keanekaragaman wisata alam yang memukau bahkan juga disukai oleh turis asing. Tapi, pandemi membuat sejumlah tempat wisata terpaksa ditutup.

Tapi ternyata, di tengah kasus Corona yang melonjak tinggi, masih ada beberapa wisata di Indonesia yang tak terdampak oleh Corona. Wisata yang tetap buka itu ada di daerah-daerah yang masuk dalam zona bebas COVID alias zona hijau.

Dikutip dari Peta Risiko BNPB, berikut lima tempat wisata yang tetap dibuka saat COVID-19:

1. Kepulauan Tambrauw, Papua

Tak kalah dengan Raja Ampat, ada banyak keindahan yang ditawarkan oleh Kepulauan Tambrauw di Papua Barat. Berbagai destinasi alam yang eksotis ditawarkan di Tambrauw, salah satunya Air Terjun Anenderat yang sangat cantik di daerah Miah.

air terjun anenderat di tambrauwair terjun anenderat di tambrauw Foto: (Bonauli/detikTravel)

Tambrauw juga memiliki kegiatan bird watching alias pengamatan burung di Distrik Miyah dan Sausapor. Untuk menuju ke kawasan itu, wisatawan harus menempuh perjalanan ke Hutan Desa Nangguo atau Kawasan Observasi Burung Nangguo selama 50 menit.

Wisatawan akan disediakan tempat bersembunyi yang dibangun dari kayu dan ditutup dengan dedaunan selama melakukan pengamatan burung. Dari titik persembunyian itu, suara kicauan burung akan terdengar bersahutan.

Salah satu burung yang bisa disaksikan dari kawasan itu adalah burung cendrawasih. Suaranya seperti monyet yang menggema.

bird watching di hutan tambrauwbird watching di hutan tambrauw Foto: (dok istimewa)

Selain hutan konservasi, ada juga pantai Jeen Wowom atau Pantai Batu Rumah. Kawasan ini menjadi rumah bagi penyu-penyu belimbing untuk bertelur. Siapa yang sudah rindu traveling?

2. Natuna, Kepulauan Riau

Natuna dikenal dengan keindahan alam mulai dari darat hingga laut yang mempesona. Salah satu kecantikannya ada di Pulau Senoa yang kerap dikatakan berbadan dua. Mengapa begitu?

Bentuk dan postur pulau terlihat seperti orang yang sedang berbaring dengan perut hamil. Pulau ini berbatasan langsung dengan Malaysia dan Laut China Selatan.

Pulau Senoa tak hanya memiliki panorama pantai yang menawan, saat menjelajah alam bawah laut pulau itu para pengunjung pun akan dibuat terpesona. Yuk, lihat.Pulau Senoa tak hanya memiliki panorama pantai yang menawan, saat menjelajah alam bawah laut pulau itu para pengunjung pun akan dibuat terpesona. Yuk, lihat. Foto: Agung Pambudhy

Kosong dan rak berpenghuni dan pasir laut yang membentang akan membuat traveler terpesona. Serasa berada di pulau pribadi! Pulau Senoa juga dijadikan rumah bagi penyu penyu yang ingin bertelur lho.

Untuk wisata religi, ada pula Masjid Agung Kabupaten Natuna yang terlihat menyerupai Taj Mahal di India. Ikon Kabupaten Natuna ini pun mampu menampung sebanyak 6.000 jamaah.

Masjid Agung Natuna jadi salah satu landmark yang tersohor di perbatasan Indonesia tersebut. Tak hanya megah, masjid itu juga dapat menampung ribuan jemaah.Masjid Agung Natuna jadi salah satu landmark yang tersohor di perbatasan Indonesia tersebut. Tak hanya megah, masjid itu juga dapat menampung ribuan jemaah. Foto: Agung Pambudhy


3. Anambas, Kepulauan Riau

Kepulauan Anambas di Kabupaten Provinsi Kepulauan Riau terletak di tiga perbatasan negara, Malaysia, Vietnam dan Thailand. Kepulauan ini memiliki 255 pulau yang terdiri dari 10 kecamatan, 52 desa dan 2 kelurahan. 26 di antaranya dihuni oleh penduduk, sementara 229 lainnya tak berpenghuni.

Pulau Bawah di AnambasPulau Bawah di Anambas Foto: Johanes Randy

Salah satu keindahan di Anambas ialah Pulau Bawah, bahkan dikatakan surga kecil di barat Indonesia. Pesonanya mewah namun tetap ramah lingkungan.

Hamparan pasir putih serta air laut yang bening bak kaca menyambut wisatawan. Keindahannya bertambah ketika sebuah perahu boat yang tengah bersandar tampak melayang, dengan ikan warna-warni yang asyik berenang di sekelilingnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

BERITA TERKAIT
BACA JUGA