Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 01 Okt 2020 07:09 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenal Dua Desa Cantik Bebas Corona di Papua

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Desa Ugimba di Pedalaman Papua
Ilustrasi keindahan alam Papua (Afif Farhan/detikTravel)
Jakarta -

Kabupaten Intan Jaya di Papua masuk ke dalam kategori tak terdampak kasus Corona atau zona hijau menurut situs BNPB. Di dalamnya ada desa-desa indah yang menawan.

Pertama, ada Desa Ugimba yang berlokasi di pedalaman Papua. Ugimba memiliki panorama yang begitu indah, tapi untuk menuju ke sana aksesnya masih sulit.

Desa Ugimba yang indah memiliki lanskap hutan yang hijau lebat, perbukitan yang mengelilingi seolah menjadi pagarnya. Air sungai yang mengalir bersih dan segar, bahkan kerap disebut sungai es.

Alamnya masih sangat asri. Masyarakatnya bahkan masih ada yang memakai koteka.

Mata pencaharian mereka berkebun dan berburu binatang, namun ada pula yang menjadi porter untuk mendaki Puncak Carstensz, salah satu Seven Summits dunia, puncak tertinggi di Indonesia di rangkaian pegunungan Jaya Wijaya dengan ketinggian 4.884 mdpl.

Desa UgimbaDesa Ugimba Foto: (Afif Farhan/detikTravel)

Kedua, Desa Sugapa yang dikelilingi oleh gunung di tengah hutan belantara tropis, pedalaman Papua. Panoramanya indah ditambah hawanya pun juga segar karena berada di atas ketinggian 2.000 mdpl.

Wisawatan yang datang biasanya melakukan trekking ketika sampai di Sugapa. Merek mendaki bukit-bukit indah di pedalaman Papua ini.

Desa SugapaDesa Sugapa Foto: (Afif Farhan/detik Travel)

Sugapa memiliki sungai yang mengandung garam yang juga menjadi sumber garam bagi warga sekitar. Selain itu ada Sungai Wabu dan Dogabu yang punya potensi arung jeram.
Hasil alamnya berupa kopi arabika moni dan buah merah.

Sama seperti Ugimba, Sugapa memiliki akses menuju Puncak Carstensz. Jalur pendakian di sana disebut paling ideal, menantang dan juga seru.

Tertarik untuk mengunjungi desa di pedalaman Papua ini?



Simak Video "Viral Bocah Papua Nangis Ingin Ikut Prajurit TNI"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA