Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 12 Okt 2020 21:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Hari Museum Nasional, Kenali Museum Kekinian di Jakarta

Putu Intan
detikTravel
Setelah sempat tutup akibat pandemi COVID-19, Magic Art 3D Museum, Kota Tua, Jakarta, kembali dibuka. Yuk lihat.
Magic 3D Art Museum. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Hari Museum Nasional diperingati setiap 12 Oktober. Sebelum berkunjung ke museum, kenalan dulu yuk dengan museum kekinian di Jakarta.

Hari Museum Nasional ditetapkan melalui Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) yang diselenggarakan pada 12-14 Oktober 1962 di Yogyakarta. Sejak ketetapan itu sampai 2019, menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terdapat 432 museum di seluruh penjuru Indonesia.

Beberapa museum tertua adalah Museum Radya Pustaka yang terletak di Solo dan Museum Gajah yang terletak di Jakarta. Namun kini museum kian berkembang dan menyajikan pameran barang-barang yang unik dengan tampilan kekinian.

Berikut ini sejumlah museum kekinian di Jakarta yang dapat menjadi referensi untuk dikunjungi.

1. Magic Art 3D Museum Kota Tua

Sejumlah warga tengah berfoto di depan lukisan 3d di Magic Art 3D Museum, Kota Tua,Jakarta, Jumat (7/6/2019). Tempat ini menjadi alternatif bagi wisatawan yang mengunjungi kawasan Kota Tua.Magic Art 3D Museum Kota Tua. (Foto: Rifkianto Nugroho)

Pecinta fotografi unik dapat berkunjung ke Magic Art 3D Museum yang terletak di Gedung Kerta Niaga 1, Kota Tua, Jakarta Barat. Area Magic Art 3D Museum Jakarta cukup luas dan memiliki berbagai ruangan yang berisi lukisan dengan seni ilusi 3 dimensi.

Lukisan-lukisan tersebut tersebar sesuai zona yang ada di berbagai ruangan museum. Beberapa zonanya antara lain Zona Lukisan, Zona Satwa, Zona Laut, Zona Rutinitas, Zona Dinosaurus, Zona Petualangan dan Zona Horror.

Untuk tiket masuknya, di hari biasa dikenakan Rp 60 ribu untuk dewasa dan Rp 40 ribu untuk anak-anak. Sedangkan di akhir pekan dan musim liburan harganya Rp 80 ribu untuk dewasa dan Rp 50 ribu untuk anak-anak.

2. Museum MACAN

Infinity Mirrored Room di Museum MACANInfinity Mirrored Room di Museum MACAN. Foto: (Nfadils/d'Traveler)

Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN) merupakan museum kekinian dan digandrungi anak muda. Seperti namanya, Museum MACAN memamerkan seni kontemporer yang cocok dijadikan latar foto nan instagramable.

Museum ini terletak di Gedung AKR Tower Level M di Jalan Panjang No.5 Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Siapkan kocek Rp 80 ribu untuk anak usia 3-12 tahun dan Rp 90 ribu untuk pelajar sampai pengunjung di atas usia 65 tahun. Sementara untuk pengunjung di bawah usia 3 tahun, gratis masuk.

3. Moja Museum

Museum MOJA di GBK.Museum MOJA. Foto: (@mojamuseum/Instagram)

Bagi penikmat pop culture, cocok nih berkunjung ke Moja Museum saat Hari Museum Nasional. Di sana traveler dapat menikmati berbagai instalasi bernuansa pop art.

Asyiknya lagi, traveler juga dapat berkeliling museum menggunakan sepatu roda. Bagian ini disebut sebagai Moja Museum's 2nd Scene: Roller Skate (ROJA).

Moja Museum terletak di Jalan Metro Pondok Indah Blok Tb No.27 9, RT.16/RW.16, Pondok Pinang, Kebayoran Lama. Untuk biayanya dibanderol Rp 110 ribu saat hari biasa dan Rp 125 ribu untuk akhir pekan. Tiket ini berlaku untuk kunjungan selama 2,5 jam.

4. Art1: New Museum

Animamix Biennale 2017 seri Jakarta hadir pertama kalinya di Art1: New Museum, Jakarta Pusat.Art1: New Museum. Foto: Tia Agnes/ detikHOT

Museum yang satu ini terbilang unik karena gedungnya yang serba putih. Di dalamnya terdapat berbagai koleksi karya seniman ahli, modern, dan kontemporer.

Art1: New Museum terletak di Jl. Rajawali Selatan Raya No. 3, Jl. Rajawali Selatan Raya, RT.4/RW.6, Gn. Sahari Utara, Sawah Besar. Harga tiket masuknya adalah Rp 75 ribu.

Itulah sejumlah museum kekinian di Jakarta. Jika traveler akan berkunjung ke sana untuk meramaikan Hari Museum Nasional, pastikan untuk tetap menaati protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.



Simak Video "Museum Fatahillah Jakarta, Cerita Sejarah Batavia Tempo Dulu"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA