Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 28 Okt 2020 10:49 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Cuti Bersama, Ini 6 Rekomendasi Tempat Wisata di Kuningan

Bima Bagaskara
detikTravel
Gedung Perundingan Linggarjati
Museum Naskah Linggarjati menjadi salah satu destinasi wisata primadona di Kuninngan. (Bima Bagaskara/detikcom)
Kuningan -

Cuti bersama di rangkaian Maulid Nabi Muhammad SAW pada Rabu (28/10/2020) hingga Minggu 1 Agustus 2020 bisa dihabiskan di Kuningan, Jawa Barat. Ini dia enam rekomendasi destinasi wisata Kuningan.

Sejumlah tempat wisata yang ada di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat telah bersiap menyambut kedatangan traveler yang ingin menghabiskan libur cuti bersama di akhir bulan Oktober ini. Hawa sejak pas untuk wisatawan yang ingin ngadem sejenak.

Untuk bisa berlibur ke tempat wisata Kuningan, traveler diwajibkan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Enaknya ke mana saja, ya?

Berikut rekomendasi enam tempat wisata di Kabupaten Kuningan yang bisa dijadikan destinasi wisata di libur cuti bersama:

1. Waduk Darma Kuningan

Waduk Darma di Kuningan, JabarWaduk Darma di Kuningan, Jabar Foto: Bima Bagaskara/detikTravel

Siapa yang tidak mengenal objek wisata yang terletak di Desa Jagara, Kecamatan Darma ini. Objek wisata yang menjadi salah satu ikon Kabupaten Kuningan ini menyajikan pemandangan alam berupa waduk atau danau seluas 432 hektare.

Di Waduk Darma Kuningan ini wisatawan bisa berkeliling danau menggunakan perahu yang disewakan oleh warga sekitar. Selain itu banyak juga gazebo-gazebo serta wahana bermain anak. Waduk Darma ini sangat cocok dijadikan tujuan wisata bagi keluarga.

Untuk harga tiket masuk ke kawasan wisata waduk Darma sendiri, untuk dewasa dikenakan biaya Rp 15 ribu dan untuk anak-anak Rp 10 ribu.

2. Curug Bangkong

Curug Bangkong di Kuningan, JabarCurug Bangkong di Kuningan, Jabar Foto: Bima Bagaskara/detikTravel

Objek wisata yang satu ini tengah menjadi primadona bagi wisatawan yang datang ke Kabupaten Kuningan. Letaknya berada di Desa Kertawirama, Kecamatan Nusaherang.

Curug Bangkong menyajikan keindahan alam berupa air terjun. Percikan air yang jatuh dari air terjun setinggi 21 meter membuat udara di wisata Curug Bangkong sangat segar dan sejuk.

Selain air terjun, di Curug Bangkong juga terdapat wahana papalidan atau river tubing. Pengunjung bisa memacu adrenalin dengan menyusuri aliran anak sungai Cisanggarung sejauh 200 meter.

Untuk dapat menikmati wahana papalidan wisatawan hanya perlu membayar Rp 10 ribu per orangnya. Sedangkan untuk tiket masuk orang dewasa hanya perlu membayar Rp 5 ribu dan anak-anak Rp 2 ribu.

3. Objek Wisata Cibulan

Salah satu tempat wisata favorit di Kabupaten Kuningan ialah Objek Wisata Cibulan. Terletak di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana objek wisata Cibulan selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama pada saat musim liburan.

Yang menarik dari tempat ini, wisatawan bisa berenang dengan ratusan ikan purbakala atau dinamakan 'ikan dewa' yang dikeramatkan masyarakat sekitar.

Tapi tenang saja, meski dikeramatkan ikan-ikan tersebut sudah terbiasa berinteraksi dengan manusia. Wisatawan bahkan bisa berfoto dengan ikan tersebut namun harus didampingi oleh pawangnya.

Di Wisata Cibulan juga terdapat tujuh sumur yang diyakini merupakan petilasan Prabu Siliwangi.

Untuk harga tiket masuknya, wisatawan hanya perlu membayar sebesar Rp 15 ribu untuk hari biasa dan Rp 20 ribu untuk akhir pekan.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA