Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 06 Nov 2020 17:43 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wisata Edukasi Calon Jamaah Haji di Kuningan, Ada Pesawat Betulan

Bima Bagaskara
detikTravel
Wisata edukasi naik pesawat J & J Kuningan
Foto: Wisata J & J Kuningan punya pesawat beulan (Bima Bagaskara/detikcom)
Kuningan -

Demi mengedukasi calon jamaah haji dan umroh yang baru pertama kalinya naik pesawat, destinasi di Kuningan ini sampai hadirkan pesawat betulan.

Sebuah pesawat Fokker 100 nangkring di area wisata J&J yang terletak di Desa Bojong, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Banyak yang mengira pesawat itu hanya dijadikan pajangan untuk keperluan foto bagi para pengunjung saja.

Namun sebenarnya pesawat yang diproduksi tahun 1986 di Belanda ini sengaja dihadirkan sebagai sarana edukasi bagi calon jamaah haji maupun umroh serta bagi anak-anak.

Pemilik wisata J&J Kuningan Kiki Al-Farizi (50) menjelaskan ide awal mendatangkan pesawat itu sebagai sarana edukasi ialah karena tidak semua calon jamaah haji maupun umroh mempunyai pengalaman naik pesawat.

"Kita bikin edukasi dengan mendatangkan pesawat, karena tidak semua jamaah pernah naik pesawat. Kalaupun udah pernah naik pesawat pasti tidak bisa foto di dalam kokpit," kata Kiki saat ditemui detikcom, Jumat (6/11/2020).

Wisata edukasi naik pesawat J & J KuninganPesawat Fokker betulan Foto: Bima Bagaskara/detikcom

Selain pesawat, pihak wisata J&J juga menyediakan pramugari dan petugas lainnya yang berasal dari salah satu sekolah penerbangan di Kabupaten Kuningan.

Para pramugari itu nantinya akan memeragakan cara menggunakan sabuk pengaman, cara tayamum hingga cara sholat didalam pesawat. Selain itu para calon jamaah haji maupun umroh juga akan diberi tahu langkah-langkah saat memasuki bandara.

"Di dalam pesawat edukasinya ada safety demo dan untuk jamaah diberi tahu cara sholat didalam pesawat dan tayamum. Kemudian sebelum masuk pesawat akan diarahkan langkah-langkah boarding pass dan yang lainnya mirip di bandara sungguhan," lanjut Kiki.

Wisata edukasi naik pesawat J & J KuninganWisata edukasi naik pesawat J & J Kuningan Foto: Bima Bagaskara/detikcom

Keberadaan pesawat yang dijadikan sarana edukasi ini disambut baik oleh banyak pihak. Menurut Kiki sebelum pandemi melanda banyak travel agent dari Majalengka, Cirebon dan terutama wilayah Kuningan sendiri datang membawa calon jamaah haji maupun umroh.

Namun semenjak pandemi melanda dan pemberangkatan haji serta umroh ditunda, kunjungan travel agent mulai berkurang bahkan wisata J&J sempat tutup selama empat bulan.

Selanjutnya -----> Kisah Lucu Calon Jamaah, Ada yang Muntah

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sejarah Kota Surabaya dalam Aksi Panggung"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA