Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 10 Nov 2020 11:44 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pengalaman Terbang ke Bali di Masa Pandemi

Nazzizah
detikTravel
Pengalaman Terbang ke Bali di Masa Pandemi
Foto: Nazzizah/d'traveler
Denpasar -

Penerbangan ke Bali di masa pandemi terasa berbeda. Protokol kesehatan ketat diterapkan mulai dari Bandara Soekarno-Hatta, di maskapai, hingga tiba di Bali.

Pandemi COVID-19 membuat masyarakat takut untuk keluar rumah. Namun, beberapa masyarakat harus tetap berpergian untuk urusan kerja, seperti saya.

Ini menjadi penebangan pertama saya sejak pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia. Penerbangan Jakarta-Bali dengan menggunakan maskapai BUMN Garuda Indonesia.

Saat memasuki area bandara, calon penumpang akan diukur suhu tubuhnya dengan thermonex. Alat ini mampu mengukur suhu tubuh tanpa kontak langsung.

Tak sampai di sini, sebelum check-in, saya harus menunjukkan hasil tes cepat (rapid test) atau tes usap ke petugas kantor kesehatan pelabuhan (KKP). Penumpang diizinkan terbang bila tes menunjukkan hasil negatif atau reaktif COVID-19.

Pengalaman Terbang ke Bali di Masa PandemiSuasana pengecekan dokumen di bandara. Foto: Nazzizah/d'traveler

Saat antre pun, petugas berkali-kali mengingatkan calon penumpang untuk tetap menjaga jarak. Sebelum memasuki pesawat, calon penumpang kembali diperiksa suhu tubuh.

Mereka juga wajib menggunakan masker selama perjalanan. Begitu juga pada seluruh awak kabin.

Pramugari dan pramugara juga diharuskan menggunakan sarung tangan plastik. Ini dilakukan guna mencegah terjadinya penularan COVID-19.

Untuk jaga jarak di dalam pesawat, Garuda Indonesia mengurangi jumlah kapasitasnya menjadi 50%-75%. Setiap penumpang akan diselingi bangku kosong sebagai upaya menjaga jarak.

Ternyata, untuk mengatur sirkulasi udara dalam kabin pesawat, Garuda Indonesia melengkapi seluruh armadanya dengan High Efficiency Particle (HEPA) filter.

Pengalaman Terbang ke Bali di Masa PandemiSuasana di dalam pesawat. Foto: Nazzizah/d'traveler

Selanjutnya: Fungsi HEPA
Selanjutnya
Halaman
1 2

BERITA TERKAIT
BACA JUGA