Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 10 Nov 2020 14:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Hari Pahlawan, Telusuri 6 Objek Wisata Sejarah Perjuangan di Bandung

Siti Fatimah
detikTravel
Monumen Perjuangan Bandung
Monumen Perjuangan Bandung. (Foto: Siti Fatimah)
Jakarta -

Hari Pahlawan dapat diperingati dengan mengunjungi objek wisata sejarah. Berikut ini rekomendasi objek wisata yang bisa kamu kunjungi di Kota Bandung.

Masih ingat kan dengan kutipan Bung Karno yang berbunyi 'Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya'?

Ungkapan tersebut ia lontarkan saat memperingati Hari Pahlawan pada 10 November 1961 silam. Untuk mengingat, menghargai, dan belajar atas perjuangan pahlawan, Kota Bandung memiliki beberapa tempat yang menjadi bagian dari perjuangan mereka.

Bila tinggal di Bandung atau sedang melancong ke kota kembang ini, tidak ada salahnya untuk menelusuri tempat-tempat wisata sejarah perjuangan pahlawan. Dirangkum detikcom, Selasa (10/11/2020) berikut ini beberapa tempat yang jadi saksi bisu perjuangan pahlawan di Kota Bandung:

1. Gedung Sate

Dibangun pada 27 Juli 1920, Gedung Sate kini berusia 100 tahun. Bangunan bersejarah ini dibangun dengan arsitektur yang terinspirasi dari zaman Renaissance.Gedung Sate. Foto: ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI

Gedung Sate yang menjadi simbol Provinsi Jawa Barat ini menyimpan kisah perjuangan pahlawan anak bangsa.

Dalam sejarah mencatat pada 3 Desember 1945 terjadi peristiwa memilukan di mana terdapat tujuh nyawa pemuda yang melayang saat mempertahankan gedung tersebut dari serangan tentara Gurkha yang disokong oleh Belanda dan Inggris.

Pemerintah kemudian membuat sebuah tugu dari batu di halaman belakang Gedung Sate untuk mengenang jasa mereka. Tetapi pada tahun 1970, Menteri Pekerjaan Umum memerintahkan untuk tugu tersebut dipindahkan ke halaman depan Gedung Sate.

2. Monumen Bandung Lautan Api, Tegallega

Siapa yang tak kenal dengan peristiwa Bandung Lautan Api? Tepatnya di sebelah utara lapangan Taman Tegallega terdapat Monumen Bandung Lautan Api yang tingginya mencapai 45 meter dan memiliki 9 sisi.

Di bagian puncak dari monumen ini terlihat simbol kobaran api dengan warna menyerupai bara api.

3. Monumen Perjuangan (Monju) Rakyat Jawa Barat

Monumen Perjuangan BandungMonumen Perjuangan Bandung. Foto: Siti Fatimah

Monumen Perjuangan Bandung berlokasi di Dipati Ukur, berhadapan dengan Gedung Sate dan di depan Kampus Universitas Padjadjaran.

Bentuk bangunannya seperti bambu runcing yang disandingkan dengan gaya arsitektur modern.

Bernilai sejarah karena di dalamnya terdapat museum pahlawan dan ada juga relief yang menceritakan perjuangan rakyat Jawa Barat dari masa ke masa.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA