Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 10 Nov 2020 15:02 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Selain Rumah Habib Rizieq Syihab, Petamburan Juga Punya Mausoleum Megah

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Mausoleum di Petamburan
Mausoleum OG Khouw di Petamburan (Randy/detikTravel)
Jakarta -

Kembali ke Indonesia, Habib Rizieq Syihab dikabarkan langsung kembali ke rumahnya di Petamburan. Selain itu, di sana juga ada mausoleum megah.

Tepat hari Selasa pagi ini, Habib Rizieq kembali ke tanah air. Setelah dari Bandara Soekarno Hatta, imam besar FPI itu disebut akan langsung bertolak ke kediaman sekaligus markas besar FPI di Petamburan.

Bicara Petamburan yang jadi kediaman Habib Rizieq, di sana juga ada mausoleum megah yang konon adalah terbesar di Asia Tenggara. Beberapa waktu lalu, detikTravel juga pernah berkunjung ke sana.

Adalah Mausoleum Oen Giok Khouw atau yang biasa disingkat Mausoleum OG Khouw di TPU Petamburan, merupakan sebuah bangunan pelindung makam megah yang tersembunyi.

Mausoleum di PetamburanMausoleum di Petamburan (Randy/detikTravel)

Mausoleum itu pun tampak begitu megah dengan lapisan marmer hitam yang didatangkan khusus dari Italia. Nilai pembangunannya pun diprediksi mencapai 3 miliar rupiah.

Mundur ke 1 Juli 1927, mausoleum megah itu didedikasikan untuk OG Kouw, seorang pengusaha Indonesia keturunan Tionghoa yang begitu tersohor di zamannya. Oleh Ratu Wilhelmina, OG Khouw juga mendapat kehormatan sebagai perwakilan orang Tionghoa di Hindia Belanda.

Diketahui OG Khouw merupakan sepupu dari walikota kaum Tionghoa pada zaman Hindia Belanda, Khouw Kim An. Hanya saja kisahnya memang jarang dikenal, karena ia lebih banyak berada di Eropa kala itu.

Meninggal di Swiss, jenazah OG Khouw dibawa ke Indonesia oleh istrinya yang bernama Lim Sha Nio. Mausoleum itu sendiri dibangun selama empat tahun (1927-1931), di mana materialnya juga didatangkan langsung dari Italia sebagai penghormatan baginya.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA