Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 22 Nov 2020 18:42 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Saat Tukik-tukik Lucu Dilepas di Pantai Sukamade Banyuwangi

Deny Prastyo Utomo
detikTravel
Tukik Penyu Dilepas di Pantai Sukamade
Foto: Tukik penyu dilepas di Pantai Sukamade (Deny Prastyo Utomo/detikTravel)
Banyuwangi -

Pantai Sukamade di Banyuwangi jadi lokasi favorit penyu untuk bertelur. Di pantai cantik ini, traveler juga bisa melepas liarkan tukik-tukik penyu yang lucu.

Pantai Sukamade yang berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, Desa Sarongan, Kecamatan Pasanggaran, Kabupaten Banyuwangi memang indah dan alami. Pantai ini juga menjadi habitat penyu bertelur dan juga tempat penangkaran.

Pengunjung yang datang dan menginap pasti akan mendapatkan kesempatan melepas liarkan tukik atau anak penyu di Pantai Sukamade, setelah selama hampir dua bulan ditetaskan secara semi alami di penangkaran.

Selain melepas liarkan tukik ke habitat aslinya di laut. Pengunjung juga bisa melihat penangkaran telur-telur penyu berbagai jenis di Sukamade. Mulai dari Penyu Hijau, Penyu Lekang, Penyu Sisik dan Penyu Belimbing.

Beruntung, waktu itu, detikTravel berkunjung dan bermalam di Sukamade, saat acara Edu Wisata Tematik dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), malam hari berkesempatan melihat Penyu Hijau bertelur dan pagi harinya bisa melepas liarkan tukik sekitar 100 ekor tukik Pantai Sukamade.

Tukik Penyu Dilepas di Pantai SukamadeTukik Penyu Dilepas di Pantai Sukamade Foto: Deny Prastyo Utomo/detikTravel

Kepala Taman Nasional Balai Meru Betiri Maman Surahman mengatakan TN Meru Betiri yakni di spot Sukamade merupakan salah satu sudut yang disukai penyu mendarat untuk bertelur.

"Di dunia ada 7 jenis penyu, sementara di Indonesia ada 6 jenis penyu. Untuk di Sukamade yang sering kali mendarat, itu ada empat jenis diantaranya Penyu Hijau, Penyu Sisik, Penyu Lekang dan Penyu Belimbing. Jadi luar biasa sekali ini Taman Nasional Meru Betiri ini, khususnya Sukamade ini lokasi yang sangat disukai oleh penyu untuk mendarat dan bertelur," kata Maman Surahman kepada detikcom, Minggu (22/11/2020).

Tukik Penyu Dilepas di Pantai SukamadeTukik Penyu Dilepas di Pantai Sukamade Foto: Deny Prastyo Utomo/detikTravel

Surahman menambahkan selama tahun 2019 sebanyak 1150 Penyu yang mendarat. Sementara di tahun 2020 hingga bulan November tercatat sekitar 1190 ekor penyu.

"Ini menunjukan Sukamade dari sisi keamanan, dari sisi tempat disukai oleh penyu mendarat untuk bertelur dari sisi keamanan penyunya, maupun untuk bertelur," lanjut Surahman.

Selanjutnya --------->> Usaha Penangkaran Penyu
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menilik Penyu-penyu Bertelur di Pantai Sukamade Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]

BERITA TERKAIT
BACA JUGA