Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 23 Nov 2020 14:17 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Berbagai Koleksi hingga Kisah Menarik di Museum Batak TB Silalahi

TB Silalahi
Museum Batak TB Silalahi Center Foto: (Tasya Khairally/detikcom)

Selain tongkat bersejarah ada pula Al Quran yang dibuat dari kulit kayu pada awal abad ke-18. Koleksi ini diberikan oleh Wakil Bupati Serdang Berdagai, Soekirman, yang awalnya dimiliki oleh kakek buyut K.H. Abdurrahman Wahid. Tak ketinggalan, replika masjid Al Hadhonah Balige sebagai kon sejarah penyebaran agama islam khususnya Balige dan sekitarnya pun terpampang di museum ini.

Museum Batak TB SilalahiMuseum Batak TB Silalahi Foto: (Tasya Khairally/detikcom)

Melangkah ke ruangan lainnya, ada replika rumah adat batak yang khas hingga berbagai ulos yang terpajang lengkap dengan informasi mengenai kegunaannya masing-masing.

Misalnya, ulos mangairing yang diberikan kepada anak pertama yang baru lahir untuk dijadikan kain gendongan, lali ulos ragi hotang untuk menantu laki-laki yang menikah, tujuannya agar menjalin rumah tangga yang kokoh. Selanjutnya ulos sibolang yang digunakan sebagai tujung atau penutup kepala bagi suami atau istri yang ditinggal pasangannya.

Museum Batak TB SilalahiMuseum Batak TB Silalahi Foto: (Tasya Khairally/detikcom)

Masih banyak cerita dan koleksi lain yang dimiliki Museum Batak TB Silalahi. Di masa pandemi ini jangan lupa untuk selalu terapkan protokol kesehatan traveler, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA