Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 29 Nov 2020 13:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Gunungkidul Punya Tradisi Gelaran Festival Teater

Pertunjukan budaya di Gunungkidul.
Foto: (widhartaelyandra/d'Traveler)
Gunungkidul -

Selain pantai, Gunungkidul juga punya gelaran teater yang digelar rutin sejak tahun 2019. Kini, beralih secara virtual.

Kabupaten Gunungkidul menggelar kembali Festival Teater Tradisi antara Kapanewon atau Kecamatan pada 24-26 November 2020 mulai pukul 20.00-23.00 di Gedung Kesenian Wonosari. Festival ini diikuti seluruh 18 kecamatan yang ada di kabupaten Gunungkidul.

Pada tahun ini festival digelar secara daring atau live streaming langsung dari chanel youtube Dinas Kebudayaan Gunungkidul karena masa pandemi covid19. Setiap malam tampil 6 kelompok dari masing-masing kapanewon.

Selama festival berlangsung memang tidak dihadiri penonton dan namun hanya ada juri dan penampil masing-masing kelompok yang semuanya dibatasi dengan protokoler kesehatan. Bahkan setiap peserta yang sudah tampil diharapkan segera pulang dan tidak boleh berada dilokasi karena menghindari potensi kerumunan.

Bagi peserta saja untuk datang ke gedung pertunjukan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan panitia untuk menjaga situasi gedung kesenian aman dan sirkulasi dari keramaian tetap patuh pada protokol kesehatan.

Pertunjukan budaya di Gunungkidul.Pertunjukan budaya di Gunungkidul (widhartaelyandra/d'Traveler)

Berbeda dengan tahun sebelumnya 2019, dimana festival di gelar di Balai Desa Wiladeg Kecamatan Karangmojo Gunungkidul. Namun tahun ini memang festival bisa disaksikan secara online melalui youtube.

Kegiatan merupakan ajang media ekspresi bagi warga Gunungkidul yang memiliki minat khusus terhadap teater tradisi. Dimana seni teater rupanya juga tumbuh dan setiap kecamatan memiliki aktivitas proses kreatif mengerjakan teater tradisi.

Teater tradisi di kabupaten Gunungkidul memang dimaknai sebagai bahasa ekspresi alternatif meskipun di kabupaten ini juga terdapat seni pertunjukan tradisi yang tak kalah menarik lainnya. Gunungkidul sebagai bagian dari kabupaten Daerah Istimewa Yogyakarta memang memiliki banyak ragam potensi seni pertunjukan tradisional.

Diharapkan memang Festival Teater Tradisi ini bisa menjadi event tahunan untuk menumbuhkan kepedulian dan upaya pelestarian terhadap budaya jawa. Lebih daripada itu tentu sebagai upaya mencari regenerasi seniman muda, pelaku-pelaku teater tradisi yang sekiranya setiap tahun terus bertumbuh dan memiliki potensi sumber daya manusia yang selalu kreatif.

Selama tiga hari, 18 kelompok menampilkan sajian penggarapan teater yang begitu beragam. Meski sebagian besar masih membawakan tema soal pandemi covid, tetapi ada juga yang coba mengangkat tema mengenai isu sosial, lokalitas, relasi kuasa, mitologi dan yang lainya. Dewan juri yang menilai Festival Teater Tradisi Kabupaten Gunungkidul 2020 terdiri dari Dr. Koes Yuliadi, M.Hum, Warsana S.Sn, M.Sn, dan Elyandra Widharta.

---
Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Elyandra Widharta dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.



Simak Video "Tim SAR Temukan Jenazah Anggota Polisi Yang Jatuh di Tebing Pantai Grendan"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA