Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 05 Des 2020 12:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mau Snorkeling di Labuan Bajo? Bisa Nih di Pulau Kanawa

Putu Intan
detikTravel
Pulau Kanawa
Snorkeling di Pulau Kanawa. (Foto: Putu Intan/detikcom)
Labuan Bajo -

Pulau Kanawa memiliki kehidupan bawah laut yang menawan. Keindahannya bisa traveler lihat ketika snorkeling di sana.

Tak jauh dari Pulau Komodo dan Pulau Rinca, terdapat sebuah pulau yang dikelola secara pribadi oleh masyarakat setempat. Namanya adalah Pulau Kanawa yang berjarak sekitar 10 kilometer dari dermaga Labuan Bajo.

Pulau ini tak masuk dalam wilayah Taman Nasional Komodo sehingga jarang dikunjungi wisatawan. Namun bukan berarti keindahannya kalah dengan pulau lainnya.

Pulau Kanawa memiliki keunggulan secara wisata bahari dan menjadi tempat yang cocok untuk bersantai karena pengunjungnya tak sepadat pulau lainnya. Air laut berwarna toska dan pasir bersih juga cocok dijadikan spot foto Instagrammable.

Ketika detikTravel menyambangi pulau ini beberapa waktu lalu, tampak wisatawan antusias menjajal snorkeling di sana. Terang saja, kondisi air lautnya yang bening sungguh menggoda orang-orang untuk turun dan melihat ekosistem di bawah laut.

Pulau KanawaPulau Kanawa. Foto: Putu Intan/detikcom

Salah satunya Tentry, wisatawan asal Jakarta yang jauh-jauh datang ke Pulau Kanawa untuk melihat langsung biota laut di sana.

"Kalau dari keindahan bawah lautnya lumayan bagus. Beberapa terumbu karang itu masih terlihat sehat dan banyak ikan kecil," katanya seusai snorkeling.

Hanya saja Tentry sedikit kecewa dengan wisatawan lainnya yang memberikan roti pada ikan-ikan di Pulau Kanawa dengan tujuan agar ikan-ikan keluar dari terumbu karang.

"Sedihnya tuh, orang-orang di sana ngasih makan ikan dengan memberikan roti cuma buat foto kece di dalam. Itu sih, sudah nggak alami lagi, terus jadinya ikan bakalan terbiasa buat mengandalkan makan dari manusia," ujarnya.

Aktivitas wisatawan yang tak bertanggung jawab soal sampah juga menjadi kegelisahan Tentry. Ketika sedang snorkeling, ia kerap mendapati sampah plastik yang dapat merusak ekosistem laut.

"Di bagian area bawah jembatan itu rusak banget karangnya. Sedih banget aku. Udah gitu aku nemu sampah botol minuman. Itu bikin aku sedih karena Kanawa itu bagus tapi kok nggak dijaga ya,"ia mengungkapkan.

Nah, supaya keindahan alam Pulau Kanawa ini tetap lestari, wisatawan wajib untuk membuang sampah di tempat sampah. Selain itu, jangan sampai merusak terumbu karang, menangkap ikan, dan mencuri pasir dari Pulau Kanawa, ya.

Di masa pandemi COVID-19 ini, wisatawan yang datang ke sana diimbau untuk menaati protokol kesehatan yakni rajin mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.



Simak Video "Cantiknya Bawah Laut Labuan Bajo di Long Beach dan Pulau Kanawa"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA