Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Des 2020 22:03 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

7 Fakta Rupat, Pulau Terluar di Provinsi Riau

Sejumlah warga beraktivitas di kawasan Dermaga Batu Panjang, Rupat Selatan, Bengkalis, Riau, Rabu (18/11). Menurut keterangan warga, dermaga tersebut telah rusak sejak beberapa tahun terakhir karena kurangnya perawatan dan ketidakpedulian pemkab dan warga sekitar.
Pulau Rupat (Pradita Utama/detikTravel)

5. Tari Zapin Api

Apabila ada satu keunikan budaya yang hanya dapat ditemui di Pulau Rupat, maka tari zapin api adalah salah satunya. Tari ini juga sedikit berbeda dengan tari zapin yang populer di tanah melayu.

Sekilas, tari zapin api punya kemiripan dengan olah raga sepak takraw yang dimodifikasi dengan api. Selain menampilkan irama zapin, tari zapin api juga disertai dengan lagu bernuansa islami.

Tari unik dari Pulau Rupat.Tari unik dari Pulau Rupat (@explorerupat/Instagram)

Dahulu, tari zapin api disebut dengan tari api. Mitosnya, tarian itu menjadi syarat dari jin api yang konon mendiami pulau tersebut.

6. Punya sejumlah event wisata

Memiliki percampuran budaya, Pulau Rupat punya sejumlah event menarik yang rutin diadakan tiap tahunnya. Dari budaya Melayu misalnya, ada Mandi Safar yang dilangsungkan tiap bulan Agustus.

Pada momen itu, sejumlah orang akan dimandikan dengan air dari periuk yang telah didoakan lebih dulu. Di mana tradisi ini dilakukan untuk menolak bala atau musibah.

Kemudian, tiap akhir tahun Suku Akit di Rupat Utara juga kerap memanjatkan doa dari rumah masing-masing sebagai wujud harapan baik. Dipuncaki oleh perayaan meriah di kelenteng tertua mereka.

7. Infrastruktur jalan masih buruk

Sebagai pulau terluar yang masuk ke dalam Kawasan Pariwisata Strategis Nasional (KSPN), infrastruktur di Pulau Rupat memang masih apa adanya. Kekurangan itu paling tampak dari akses jalannya yang masih banyak rusak dari Kecamatan Rupat menuju Rupat Utara.

Salah satu permasalahan di Rupat Utara, Bengakalid, Riau, adalah akses jalan. Infrastruktur jalan yang belum memadai menjadi kendala.Salah satu permasalahan di Rupat Utara, Bengakalis, Riau, adalah akses jalan. Infrastruktur jalan yang belum memadai menjadi kendala (Pradita Utama/detikTravel)

Padahal, destinasi pantai banyak dijumpai di sisi Utara pulau tersebut. Di mana butuh waktu sekitar 2 - 3,5 jam perjalanan darat untuk menjangkaunya dengan infrastruktur yang masih buruk.

Itulah sedikit fakta menarik tentang Pulau Rupat. Sekiranya ada lebih banyak lagi sisi menarik dari pulau tersebut yang bisa dijelajahi, baik lewat sektor pariwisata dan lainnya.


---
Program Tapal Batas mengulas mengenai perkembangan infrastruktur, ekonomi, hingga wisata di beberapa wilayah terdepan khususnya di masa pandemi. Untuk mengetahui informasi dari program ini ikuti terus berita tentang Tapal Batas di tapalbatas.detik.com!

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA