Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Des 2020 13:41 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Jembatan Gantung Terpanjang di ASEAN Ada di Sukabumi, Lho!

Jembatan gantung di Situ Gunung, Sukabumi menjadi jembatan gantung terpanjang di ASEAN
Jembatan gantung di Situ Gunung, Sukabumi menjadi jembatan gantung terpanjang di ASEAN (Gema Bayu Samudra/d'Traveler)
Sukabumi -

Sukabumi mempunyai satu wisata yang mendunia lho! Situ Gunung Suspension Bridge namanya, jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Kamu sudah tahu?

Jembatan gantung ini berada di kawasan Taman Wisata Alam Situ Gunung, tepatnya di Jl. Kadudampit, Gede Pangrango, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jembatan gantung ini mempunyai panjang 243 meter, lebar 1,8 meter dan di ketinggian 121 meter di atas permukaan tanah. Dengan ukuran itu, jembatan tersebut dinobatkan sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara.

Aspek yang lebih menarik lainnya dari jembatan ini adalah bahwa pembuatan jembatan ini dilakukan dengan cara manual, tidak menggunakan alat berat. Proses awal pembuatan jembatan dilakukan pada pertengahan tahun 2017.

Telah rampung hanya dalam kurun waktu 4 bulan dan baru diresmikan tahun lalu oleh Menko Bidang Kemaritiman, Bapak Luhut Binsar Pandjaitan, pada Sabtu tanggal 9 Maret 2019.

Kamu yang berkesempatan datang ke sini, berfoto di Jembatan dengan latar belakang jurang dan pepohonan menjadi hal yang tak biasa dan mampu memacu adrenalin, kapasitas yang menyebrang dibatasi 40 orang sekali lewat. Setelah dari sini, kamu mampir juga ke Danau Situ Gunung dan Curug Sawer.

Lokasi Curug Sawer berjarak 1,7 km dari pintu masuk, dengan menyeberangi jembatan Situ Gunung bisa memangkas jarak sekitar 500 meter. Setelah sampai, kamu bakal terpesona dengan ketinggian curug yang mencapai 35 meter.

Setelah dari sini kamu bisa juga ke Danau Situ Gunung menggunakan ojek ataupun jalan kaki. Jarak Danau Situ Gunung dari pintu masuk sekitar 1 km. Danau ini menyuguhkan pemandangan yang luas serta dikelilingi pepohonan. Menikmati danau dengan cara lain, bisa menggunakan rakit atau sepeda air.

Setelah menikmati alam, kawasan ini juga menyediakan restoran. Yang ingin bermalam juga bisa berkemah dengan suasana alam bebas tentunya. Tak ketinggalan menikmati seni tradisional yang dilakukan di hari Sabtu-Minggu dari jam 09.00-17.00 WIB di ampiteater.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kisah Misteri di Balik Nama Curug Indra di Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA