Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Des 2020 14:06 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

29 Tempat Wisata di Surabaya, Mana yang Buka dan Tutup Saat Pandemi?

Tim detikcom
detikTravel
Hutan bambu di Surabaya
Foto: Hutan Bambu Keputih (brigits_emilianav/d'Traveler)

16. Rumah Batik

Jawa timur memiliki motif batik yang beragam di masing-masing daerah. Traveler bisa melihat semua jenisnya di Rumah Batik.

Rumah Batik Jawa Timur dibuka atas inisiatif seorang perajin batik asal Pamekasan, Madura. Rumah ini pun sudah terbuka bagi wisatawan di tahun 2008. Kini ditawarkan kursus membatik lho bagi wisatawan yang berminat.

Lokasinya berada di Jalan Tambak Dukuh 1 No 4, Kota Surabaya, Jawa Timur.

17. Taman Suroboyo

Taman Suroboyo memiliki patung raksasa "Suro" (hiu) dan "Boyo" (buaya). Tingginya mencapai 25,6 meter. Luas taman Suroboyo sendiri mencapai 11.900 meter persegi.

Lokasinya berada di Jalan Pantai Kenjeran Kedung Cowek, Bulak, Surabaya.

Taman SuroboyoTaman Suroboyo Foto: Zainal Effendi


18. Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria

Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria menjadi salah satu gereja tertua di Surabaya. Usianya sudah mencapai 209 tahun. Namun sudah tiga kali dilakukan renovasi pada tahun 1950,1960 dan 1996.

Gereja yang bergaya arsitek Eropa itu mengalami perubahan di beberapa struktur. Berukuran besar, bangunannya mampu menampung hingga 2.000 jamaah.

Lokasinya berada di Jalan Kepanjen, No 4-6, Krembangan Selatan,. Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

19. De Mata Trick Eye Museum

Tak hanya di Yogyakarta, De Mata Trick Eye juga terdapat di Surabaya. Ada berbagai spot foto berlatar gambar 3D dengan berbagai tema.

Lokasinya berada di lantai satu Surabaya Town Square, Jalan Hayam Wuruk Nomor 6, Sawunggaling, Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

20. Taman Apsari

Taman Apsari memiliki luas 5.300 meter persegi, dilengkapi dengan kurang lebih 20 jenis bunga dan tanaman. Di sela bunga dan tanaman, ada pula track jogging yang nyaman untuk jalan-jalan.

Lokasinya berada di Jalan Gubernur Suryo, tepatnya di depan Gedung Grahadi. Meski tempatnya di tengah kota, namun suasananya cenderung sejuk dan juga tenang.

21. Hutan Raya

Surabaya memiliki 10 Taman Hutan Raya, yang terakhir diresmikan berlokasi di Jalan Lempung Perdana. Tak murni layaknya hutan, kawasan ini memiliki tanaman buah-buahan dan herbal yang bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar.

Menurut walikota Surabaya, tanaman ini memang sengaja dibuat untuk masyarakat, agar mereka bisa langsung memanen di atas tanah seluas 1,9 hektare tersebut. Totalnya ada lebih dari 2.100 tanaman herbal dan produktif.


22. Taman Harmoni Keputih

  • Harga Tiket Masuk Gratis

Taman Harmoni keputih memiliki area cukup luas yang mencakup berbagai jenis bunga, di antaranya jakaranda, pagoda, tabebaya, bungur dan lain sebagainya. Bunga-bunga disusun menurut warna. Sehingga dari jauh, bunga-bunga yang bermekaran terlihat begitu indah.

Lokasinya mudah dijangkau dan tak jauh dengan hutan bambu yang tak kalah indah. Tepatnya di Jalan Keputih Tegal Timur no 241, Sukolilo, Surabaya.

23. Museum Kematian

  • Harga Tiket Masuk Gratis

Selain museum Santet, ada pula museum Etnografi dan pusat kajian kematian. Lokasinya berada di Kampus B Universitas Airlangga, Jalan Airlangga, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Wisatawan akan disuguhkan berbagai proses pemakanan tang ada di Indonesia dan juga replika makam, contohnya makan Trunyan di Bali, kuburan bayi di Toraja dan makan Belanda. Selain itu, traveler bisa tahu juga tentang ritual kematian di beberapa daerah.

Museum Kematian di SurabayaMuseum Kematian di Surabaya Foto: Andrian Noor/d'Traveler

Nah itu dia 29 tempat wisata di Surabaya. Cek dulu mana yang buka dan tutup ya traveler.

Halaman
1 2 3 4 5 6 Tampilkan Semua

(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA