Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 15 Des 2020 17:44 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Rekomendasi Wisata di Bagian Barat Tanah Borneo

Syanti Mustika
detikTravel
keraton sambas
Masjid Jami' Keraton Sambas Syanti/detikcom)
Jakarta -

Kabupaten Sambas di Kalimantan Barat punya banyak destinasi wisata. Kamu yang ingin liburan ke bagian barat Tanah Borneo, ini rekomendasinya.

Terdapat 3 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Kalimantan Barat. Salah satunya adalah di Aruk yang berada di Kabupaten Sambas. Tapal Batas detikcom bekerjasama dengan BRI berkunjung ke perbatasan Indonesia dan Aruk menjadi salah satu tujuannya.

Perlu nih kamu ketahui, di kawasan PLBN Aruk kamu bisa menjumpai ATM BRI. Jaraknya sekitar 4 Km dari pos perbatasan atau 6 menit berkendara. Lokasinya dekat dengan Puskesmas Sajingan Besar. Atau kamu bisa juga menggunakan jasa para agen BRILink yang tersebar di Aruk. Gampangnya datang saja ke toko kelontong di sana. Banyak kok yang dekat PLBN Aruk.

Setelah kamu tenang dengan uang tunai di tangan, bisa nih menjelajah kabupaten yang membatasi Indonesia dan Malaysia ini . Beragam wisata di sana yang bisa kamu kunjungi.

"Saat ini kita punya dua lokasi prioritas untuk pariwisata di Kabupaten Sambas. Yaitu Kecamatan Paloh dan Kecamatan Sajingan Besar. Kecamatan Paloh kaya akan wisata pantai, kamu bisa temukan banyak pantai di sana. Ada Pantai Harapan, Pantai Tajung Lestari, Pantai Tanjung Kemuning dan banyak lainnya. Teruntuk Kecamatan Paloh, yang menjadi unggulannya adalah Pantai Temajuk,"

"Sedangkan Aruk dibangun sebagai pos lintas batas dengan konsep wisata juga. Di sana ada beberapa air terjun, yaitu Air Terjun Riam Berasap, Air Terjun Riam Cagat dan Goa Alam Santok," papar Agus Supardan, Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Sambas saat ditemui detikcom beberapa waktu lalu.

Obyek wisata di kawasan perbatasan, Aruk, Indonesia-Sarawak, Malaysia memiliki potensi dan peluang yang besar dalam menarik minat kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara khususnya dari negara Sarawak, Malaysia.Obyek wisata di kawasan perbatasan, Aruk, Indonesia-Sarawak, Malaysia memiliki potensi dan peluang yang besar dalam menarik minat kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara khususnya dari negara Sarawak, Malaysia. Foto: Rengga Sancaya

Agus pun merekomendasikan kepada kami untuk berkunjung ke Pantai Temajuk. Karena pantai di sana bersih dan pemandangannya indah.

"Untuk Kecamatan Paloh kita fokusnya ke Desa Temajuk, desa yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Di sana ada pos lintas batas yang ibaratnya tidak resmi, beda dengan yang di Aruk. Desa Temajuk berbatasan langsung dengan Teluk Melano, desa Malaysia,"

"Pantai Temajuk itu ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal ataupun dari Malaysia. Karena sunset di Pantai Temajuk sangat indah. Sedangkan di Teluk Melano sunrise yang ada. Karena itulah setiap sore ramai warga Malaysia di Temajuk," papar Agus.

[Gambas:Instagram]



Dibalik keindahan Pantai Temajuk, ternyata masih banyak kekurangan yang menjadi PR bagi Kecamatan Sambas. Mulai dari infrastruktur hingga keamanan.

"Kendala kita saat ini adalah jalan ke Temajuk masih kurang bagus. Juga masalah jaringan internet yang membuat wisatawan di sana susah berkomunikasi. Serta masalah listrik yang di sana hanya ada listrik dari pukul 4 sore hingga 6 pagi saja,"

"Kendala lainnya, gerbang masuk dari Melano ke Temajuk itu kan statusnya belum resmi. Tentu bule-bule takut menyeberang karena mereka tidak ingin dipermasalahkan dan akhirnya dideportasi. Kami berharap pusat segera melegalkan pos lintas ini," kata Agus.

Jika kamu berada di Kota Sambas, bisa nih berkunjung ke Keraton Sambas. Di sana juga ada masjid yang berusia lebih 1 abad.

"Untuk di Kota Sambas, kamu bisa ke Keraton Sambas, Masjid Jami' Sambas yang satu kompleks dengan Keraton Sambas. Terus pergi juga lah ke Danau Sebedang. Harus coba juga bubur pedas khas sini ya," tutup Agus.

---

detikcom bersama BRI mengadakan program Tapal Batas yang mengulas mengenai perkembangan infrastruktur, ekonomi, hingga wisata di beberapa wilayah terdepan khususnya di masa pandemi. Untuk mengetahui informasi dari program ini ikuti terus beritanya di tapalbatas.detik.com!

Simak video "Rekomendasi Wisata di Perbatasan Kalbar: Pantai Temajok-Aruk"

[Gambas:Video 20detik]



(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA