Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 30 Des 2020 08:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Seharian Menyusuri Sungai Terpanjang di Indonesia, Seru!

Sungai Kapuas di Kalbar
Menjelajahi Sungai Kapuas di Putussaibu, Kapuas Hulu (Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)
Putussibau -

Berwisata di Kabupaten Kapuas Hulu tidak lengkap jika belum menyusuri Sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia. Sensasinya seru abis!

Kapuas Hulu yang berbatasan langsung dengan Malaysia punya beragam wisata yang bisa dicoba traveler. Salah satunya adalah wisata susur Sungai Kapuas yang sayang untuk dilewatkan.

Sesuai dengan namanya, di Kabupaten Kapuas Hulu terdapat hulu dari Sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Perjalanan menyusuri sungai sepanjang 1.143 kilometer ini kami mulai dari kota Putussibau.

Kami naik speedboat berkekuatan 85 PK milik Pemkab Kapuas Hulu. Atas rekomendasi Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir, kami menyusuri sungai Kapuas dengan beberapa titik pemberhentian yaitu di Embaloh Hilir, Selimbau dan berakhir di Danau Sentarum.

Wusshhh... Speedboat dipacu dengan sangat kencang, membelah Sungai Kapuas menjadi riak-riak kecil yang bekejar-kejaran. Butuh setidaknya 6 jam perjalanan naik speedboat dari Putussibau menuju ke Danau Sentarum.

Meski perjalanan cukup panjang, namun sepanjang perjalanan mata dan hati ini terpuaskan dengan pemandangan sepanjang sungai Kapuas yang masih asri dan hijau. Rumah-rumah penduduk yang banyak berdiri di sepanjang Sungai Kapuas juga jadi pemandangan tersendiri.

Sering juga kami berpapasan dengan para nelayan yang hendak mencari ikan. Biasanya mereka membawa jaring dan sampan untuk berburu ikan air tawar yang jumlahnya masih melimpah di Sungai Kapuas.

Sungai Kapuas di KalbarSungai Kapuas di Kalbar Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Sungai Kapuas sendiri sangat menantang untuk disusuri. Sungai ini berkelak-kelok dan memiliki banyak percabangan. Nahkoda kapal speedboat kami rupanya sangat lihai dalam memilih jalan. Sering dia memotong jalan lewat percabangan anak sungai, sehingga perjalanan kami menjadi sedikit lebih cepat.

Tak jarang kami juga bertemu dengan kapal lain yang digunakan oleh penduduk lokal. Kalau sudah berpapasan seperti ini, baiknya saling melambaikan tangan, meskipun tidak saling kenal. Rupanya dibalas juga kok sama mereka. Ramah sekali dan seru, saling berbalas lambaian tangan!

Menjelajahi sungai Kapuas, membuat saya seperti sedang berada di latar film Waterworld yang dibintangi Kevin Costner. Sejauh mata memandang, hanya ada air yang membentang. Air sungai sudah seperti jadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Kapuas Hulu.

Sungai Kapuas di KalbarSungai Kapuas di Kalbar Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Sungai Kapuas adalah nadi kehidupan, juga jalan raya yang membentang bagi masyarakat setempat. Sudah selayaknya sungai ini tetap terjaga keasriannya dan tidak dicemari dengan sampah dan limbah manusia.

Oh iya, sedikit tips sebelum menjelajahi Sungai Kapuas, pastikan traveler mengenakan pakaian yang nyaman tapi tertutup, supaya tidak terbakar sinar matahari. Jangan lupa memakai sunblock agar kulit tetap aman dari sengatan sinar mentari.



Simak Video "Menyusuri Sungai Kapuas, Nikmati Perjalanan Panjang Menuju Danau Sentarum"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA