Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 01 Jan 2021 09:03 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kerupuk Basah, Kuliner Khas Kapuas Hulu dan Cara Membuatnya

Makanan khas asli masyarakat Kapuas Hulu adalah Kerupuk Basah. Desa Embaloh Hilir dipesisir sungai Kapuas inilah yang jadi salah satu produsen terkenal akan cita rasa aslinya.
Foto: Kerupuk basah, kuliner khas Kapuas Hulu (Rachman Haryanto/detikcom)
Embaloh Hilir -

Kapuas Hulu yang berbatasan langsung dengan Malaysia punya kuliner khas, yaitu kerupuk basah. Bentuknya seperti pempek. Kira-kira bagaimana ya cara membuatnya?

Menyebut kuliner Kapuas Hulu, memang tidak bisa dipisahkan dari Kerupuk Basah. Kuliner ini sangat identik dengan Kapuas Hulu. Belum lengkap ke Kapuas Hulu kalau belum menyicipi seporsi kerupuk basah lengkap bersama dengan sambalnya.

Kerupuk basah sebenarnya mirip dengan pempek. Wujudnya pun serupa seperti pempek lenjer, berbentuk lonjong dan panjang-panjang. Kerupuk basah juga sama-sama terbuat dari ikan sungai air tawar.

Perbedaan cuma ada di sambalnya saja. Jika pempek terkenal dinikmati dengan dicocol kuah cuko bercita rasa asam pedas, maka kerupuk basah biasa dinikmati dengan dicocol sambal kacang yang gurih pedas.

Perajin kerupuk basah di Kapuas Hulu bisa ditemui di Embaloh Hilir. Saat sedang menyusuri sungai Kapuas, rombongan Tapal Batas detikcom menyempatkan diri untuk mampir ke rumah sekaligus tempat usaha kerupuk basah milik Nur Jannah.

Makanan khas asli masyarakat Kapuas Hulu adalah Kerupuk Basah. Desa Embaloh Hilir dipesisir sungai Kapuas inilah yang jadi salah satu produsen terkenal akan cita rasa aslinya.Kerupuk basah, makanan khas Kapuas Hulu Foto: Rachman Haryanto

Di dapur sederhana ini, Nur Jannah sehari-hari membuat kerupuk basah untuk dipasarkan di kota Putussibau. Sebelum memulai usahanya sendiri, ibu berjilbab ini bekerja untuk orang. Setelah merasa cukup belajar dengan orang, akhirnya dia membuka sendiri usahanya.

"Dulu awalnya kerja buat orang. Sambil belajar bikin. Akhirnya lama-lama bisa bikin sendiri," kata Nur Jannah.

Untuk membuat kerupuk basah, Nur membutuhkan beberapa bahan. Yang utama adalah tepung kanji, serta daging ikan Toman giling. Selebihnya bumbu dapur biasa, bawang merah bawang putih dan penyedap rasa.

Makanan khas asli masyarakat Kapuas Hulu adalah Kerupuk Basah. Desa Embaloh Hilir dipesisir sungai Kapuas inilah yang jadi salah satu produsen terkenal akan cita rasa aslinya.Membuat Kerupuk Basah Foto: Rachman Haryanto

Setelah bahan siap, daging ikan Toman yang sudah digiling tadi kemudian dicampur dengan tepung dan bumbu halus. Lalu, dibentuklah panjang-panjang adonan kerupuk basah. Satu lenjer kerupuk basah beratnya 1 ons.

Tidak ada takaran khusus berapa perbandingan antara tepung dan bahan daging ikan yang telah digiling. Tapi jika ingin rasanya lebih mantap, tentu saja adonan ikannya yang diperbanyak dibanding dengan tepungnya.

Untuk harganya, satu lenjer kerupuk basah mulai dari Rp 10.000 saja. Satu kilogram kerupuk basah biasanya terdiri dari 10 lenjer. Kerupuk basah ini bisa dimakan dengan cara dikukus atau digoreng menggunakan minyak.

Bisnis kuliner khas seperti kerupuk basah ini rupanya cukup menjanjikan. Salah seorang nasabah Bank BRI yang mengambil Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro sebesar Rp 50 juta, bisa meraup omzet Rp 15 juta hingga Rp 20 juta per bulan.

Di ulang tahun yang ke-125 pada tahun ini, BRI hadir di perbatasan dengan tema BRILian memudahkan masyarakat melakukan transaksi perbankan, termasuk bagi masyarakat Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu. BRI juga menghadirkan KUR hingga menyalurkan BPUM untuk membantu UMKM sekitar.


---

Program Tapal Batas mengulas mengenai perkembangan infrastruktur, ekonomi, hingga wisata di beberapa wilayah terdepan khususnya di masa pandemi. Untuk mengetahui informasi dari program ini ikuti terus berita tentang Tapal Batas di tapalbatas.detik.com!



Simak Video "Meraih Asa di Jantung Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA