Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 25 Des 2020 19:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

7 Fakta Kapuas Hulu, Si Hijau yang Berbatasan Langsung dengan Malaysia

Putussibau adalah Ibu Kota dari Kabupaten Kapuas Hulu, salah satu Kabupaten terbesar di Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Beginilah lansekap kota yang dibelah oleh sungai Kapuas.
Foto: Ilustrasi Putussibau, ibu kota Kapuas Hulu (Rachman Haryanto/detikcom)
Putussibau -

Kabupaten Kapuas Hulu merupakan salah satu wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Mari simak 7 fakta terkait kabupaten 'hijau' ini!

Kapuas Hulu merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia. detikTravel bersama dengan program Tapal Batas BRI pun menyambangi kabupaten yang beribukota di Putussibau ini untuk melihat secara lebih dekat geliat kehidupan di perbatasan.

Rombongan Tapal Batas detikcom bersama BRI diterima langsung oleh Bupati Kapuas Hulu, A.M Nasir. Kepada kami, Nasir pun menjelaskan panjang lebar tentang kabupaten yang dipimpinnya itu.

Berikut 7 fakta tentang Kapuas Hulu yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Malaysia:

1. Kabupaten 'Hijau'

Kapuas Hulu bisa dibilang sebagai kabupaten 'hijau' karena ada Taman Nasional besar yang berlokasi di wilayah ini. Apalagi kalau bukan Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum.

"Kabupaten ini berada di paling timur Kalimantan Barat. Luasnya 29.842 kilometer persegi. Nah dari luas itu, 50,6% itu jadi kawasan taman nasional, Danau Sentarum itu 120 ribu hektar kemudian Taman Nasional Betung Kerihun itu 800 ribu hektar," jelas Nasir di Kediaman Dinasnya di Putussibau.

Tentu itu jadi berkah bagi Kabupaten Kapus Hulu. Namun di sisi lain, juga menghadirkan masalah. Karena untuk pembangunan misalnya, perizinannya harus sampai ke Pemerintah Pusat lewat kementerian terkait.

Bupati Kapuas Hulu AM Nasir saat diwawancarai bersama detikcom dalam program Tapal Batas bersama BRI di pendopo atau kediaman dinasnya, Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.Bupati Kapuas Hulu AM Nasir Foto: Rachman Haryanto

2. Paru-paru Dunia dan Jantungnya Kalimantan

Karena punya kawasan taman nasional yang sangat luas, Kabupaten Kapuas Hulu juga disebut-sebut sebagai Paru-paru dunia dan juga jantungnya Kalimantan.

"Kapuas Hulu ini juga jadi paru-paru dunia. Dulu sudah penetapan SK Bupati No 144 tahun 2004, kemudian Perda, selanjutnya juga kita melalui Sidang Jenewa, Kabupaten Kapuas Hulu jadi Cagar Biosfer Dunia," imbuh Nasir.

3. Salah Satu Kabupaten Terluas, Setara Jawa Barat Plus Banten

Kapuas Hulu termasuk salah satu wilayah kabupaten terluas di provinsi Kalimantan Barat. Luas Kabupaten Kapuas Hulu hanya kalah dari Kabupaten Ketapang. Jika dibandingkan, luas Kapuas Hulu setara dengan Provinsi Jawa Barat dan Banten digabung menjadi satu.

"Saya selalu membandingkan bahwa Kapuas Hulu ini kalau kita bandingkan dengan provinsi lain itu, seperti Jawa Barat gabung sama Banten itu seluas Kabupaten Kapuas Hulu," kata Nasir.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA