Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 01 Jan 2021 08:11 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

9 Rekomendasi Wisata Kuliner Solo, Enak-enak Banget!

Caroline Siane
detikTravel
sego liwet solo
Sego liwet Solo, kuliner khas Surakarta (Istimewa)
Jakarta -

Untuk travelers yang lagi berlibur di daerah Surakarta atau yang lebih akrab disebut dengan Solo, kota ini punya keberagaman makanan khas daerah yang memiliki rasa manis, asin, gurih, dan cukup sering disajikan dengan daun pisang. Berikut kuliner Solo.

Solo memiliki kuliner beragam. Dari makanan ringan, es, maupun makanan berat.

Jam bukanya juga berbeda-beda, sesuai jam operasional pasar tradisional atau bahkan dini hari saat biasanya traveler tidur.

Ini beberapa daftar wisata kuliner yang bisa dicatat dan masuk ke itinerary travelers saat melancong ke Solo:

1. Nasi Liwet Wongso Lemu

Kunjungan wisata kuliner di Solo tidak lengkap kalau tidak sempat mencicipi nasi liwetnya. Salah satu nasi liwet yang memiliki banyak peminat dari banyaknya gerai nasi liwet di kota ini adalah Nasi Liwet Wongso Lemu yang telah mulai berjualan sejak tahun 1950.

Terletak di Keprabon, Kecamatan Banjarsari, gerai Nasi Liwet Wongso Lemu oleh Bu Wongso memiliki beberapa lauk khas nasi liwet pada umumnya; irisan labu siam, ayam yang disuwir, telur pindang. Lebih lagi, nasi yang disajikan dimasak dengan santan, sehingga rasanya lebih gurih dari nasi putih biasanya.

2. Nasi Gudeg Mbak Yus

Sajian yang terdiri dari gudeg, telur pindang, ayam opor, sambal goreng krecek, dan tahu ini merupakan santapan utama lain khas Jawa Tengah yang dapat disantap dengan nasi, bubur, maupun ketan. Unik bukan?

Bahkan keluarga Presiden RI Jokowi pun jatuh hati pada nasi gudeg buatan Mbak Yus, sehingga menu ini bisa masuk menjadi makanan yang disajikan di istana ketika salah satu anak Jokowi, Gibran bertemu dengan Agus Harimurti Yudhoyono.

3. Nasi Liwet dan Cabuk Rambak Bu Parmi

Selain nasi liwet yang menjadi andalan kuliner Solo, kota yang terletak di Jawa Tengah ini memiliki makanan khas lain yang cenderung ringan; cabuk rambak. Berisi ketupat dan karak yang disiram saus olahan wijen goreng, cabe, gula jawa, dan santan, sajian ringan ini kini semakin langka ditemukan di Solo.

Namun, Bu Parmi, salah satu penjual nasi liwet lainnya di Keprabon juga menjual cabuk rambak yang juga disajikan dengan irisan daun jeruk, ketika penjual cabuk rambak kian menipis.

4. Serabi Notosuman

Berbeda dengan ketiga destinasi kuliner di atas yang mengandalkan makanan utama sebagai daya tarik wisatawan, Serabi Notosuman adalah makanan ringan atau snack manis yang dapat disantap ketika hangat maupun dingin dengan dua pilihan rasa; orisinal atau coklat.

Nah, Travelers jangan heran melihat ramainya pelanggan Serabi Notosuman. Serabi Notosuman sudah berdiri dari tahun 1920an, hampir 10 abad di tahun 2020.

Meskipun memiliki bahan dasar yang tidak jauh berbeda dengan serabi Jawa Barat, serabi Solo memiliki ketebalan yang lebih tipis dan disajikan dengan digulung.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA