Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 06 Jan 2021 19:38 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Lagi di Ciamis? Kunjungi 5 Destinasi Berikut Ini

Shenandona
detikTravel
Wisata Ciamis
Foto: (Shenandona/d'traveler)
Jakarta -

Mungkin salah satu hal yang menyebabkan Ciamis disebut Manis ialah pemandangan pusat kota yang memiliki daya tarik. Sudah pernah berwisata ke Ciamis?

Buat kamu yang sedang ada di Ciamis, berikut destinasi wisata yang di Ciamis Jawa Barat dan sekitarnya:

1. Alun - alun Ciamis

Alun-alun Ciamis merupakan taman kota yang mana sebagai salah satu sarana untuk rekreasi, penglipur lara serta penghilang rasa jenuh yang mendera.

Terletak di jantung kota Kabupaten Ciamis, dimana sebelah utara terdapat Kantor Bupati (Pendopo), kantor pos, dan SMPN 1 Ciamis, di sebelah selatan alun alun terdapat gedung DPRD. Sementara, di sebelah barat berdiri bangunan megah Masjid Agung Ciamis.

Masjid ini didirikan pada tahun 1995, tepatnya pada 12 Juni dan diresmikan oleh Bupati Kepala Daerah Kabupaten Ciamis, H. Dedem Ruchlia, Alun-alun Ciamis berdiri kokoh menghiasi paru-paru Ciamis.

Perlu kita ketahui sebetulnya, sebelum ada Alun-alun Ciamis yang kita kenal sekarang, dahuulu hanyalah pasar serta lapangan bola. Barulah, pada tahun 1995 pemerintah Kabupaten Ciamis merencanakan program pembangunan sebuah taman kota di sentral pusat kota.

Akhirnya, dengan adanya program tersebut, serta dialihkannya pasar dan lapangan bola, tak lama kemudian berdirilah sebuah taman yang membuat suasana kota Kabupaten Ciamis menjadi manis yang sering kita sebut sebagai Taman Raflesia atau Alun-alun Ciamis.

Wisata CiamisWisata Ciamis Foto: (Shenandona/d'traveler)

2. Rumah Hobit

Bentuknya menyerupai rumah Hobbit di film The Lord of The Rings dan bisa dipakai untuk resepsi pernikahan. Berlokasi di Jl. Otto Iskandardinata, Desa Panyingkiran, Ciamis, dan mampu menampung 1.000 undangan.

3. Karangkamulyan

Situs Cagar Budaya Ciungwanara Karangkamulyan, di Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tampaknya menyimpan sejumlah cerita mistis yang hingga kini masih dipercayai oleh sebagian orang.

Di area situs sejarah yang berkaitan dengan perkembangan Kerajaan Galuh ini konon sering dijumpai kejadian-kejadian aneh yang di luar nalar manusia.

Situs ini pun diyakini terdapat pantangan, salah satunya hewan peliharaan konon kerap mati apabila dibawa ke tempat tersebut. Makanya, tak heran orang-orang yang masih meyakini mitos tersebut enggan membawa hewan peliharannya ke area situs Karangkamulyan.

4. Jembatan Cirahong

Bagi warga Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis, tentu sudah tidak asing dengan jembatan ikonik nan legendaris bernama Cirahong. Untaian rangka baja, dan alas kayu tebal seakan menjadi ciri khas dari jembatan yang tak habis untuk diulas tersebut.

Hilir mudik kendaraan yang bersilang secara bergantian, membuat Jembatan Cirahong masih menjadi tempat yang setia dalam membantu aktivitas masyarakat setempat.
Jembatan yang memiliki panjang 202 meter itu ternyata dibangun atas ketidaksengajaan dan di luar prediksi dari pemerintah kolonial Belanda.

Salah satu keunikan dari Cirahong yaitu memiliki 2 fungsi perlintasan. Pada bagian atas, jembatan tersebut digunakan sebagai jalur khusus untuk dilintasi oleh Kereta Api arah Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan susunan kontruksi baja rapat sehingga kuat untuk menopang beban kereta.

Sedangkan untuk fungsi kedua, Jembatan Cirahong didesain khusus untuk dilintasi oleh kendaraan bermotor roda dua dan roda empat. Mengingat usia yang semakin senja dan juga lebar jembatan yang terbatas, kendaraan berbobot tertentu pun dilarang untuk melintas (truk dan bus).

Wisata CiamisWisata Ciamis Foto: (Shenandona/d'traveler)

5. Venue depan sirkuit BMX

Venue depan sirkuit BMX Ciamis ini sangat diminati oleh orang yang lalu lalang. Pemandangan pepohonan yang ada di sepanjang jalan pasar dadakan Sirkuit BMX Ciamis memang enak dipandang.



Simak Video "Tempat Nongkrong Anak Muda Paling Hits di Ciamis"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA