Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 09 Jan 2021 17:13 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Jangan Salah, Bawah Laut Ini Ada di Pantai Paiton

M Rofiq
detikTravel
Pantai Bohay Paiton
Pantai Bohay Paiton (Foto: M Rofiq/detikcom)
Probolinggo -

Jika suka berwisata bahari, sempatkan mampir ke Pantai Bohay di Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Alam bawah lautnya ternyata sangat cantik.

Di sini Anda bisa diving dan snorkeling menikmati indahnya surga bawah laut di pantai utara Probolinggo, dengan melihat terumbu karang hingga berburu ikan nemo. Jika beruntung Anda bisa menjumpai kawanan hiu tutul.

"Selain pulau Gili Ketapang yang terkenal akan wisata baharinya, ternyata ada Pantai Bohay yang juga menyuguhkan keindahan bawah laut, yakni Pantai Bohay di Desa Binor, Kecamatan Paiton, yang mulai disukai wisatawan. Setelah menyelam banyak beraneka ragam jenis terumbu karang dan ikannya" ujar salah satu pengunjung Pantai Bohay, Ahsan Faradies, di lokasi Sabtu (9/1/2020).

Tentu saja, penerapan protokol kesehatan diberlakukan oleh pengelola wisata Pantai Bohay. Agar tempat wisata yang dibangun sejak Januari tahun 2018 ini, tidak menjadi klaster penyebaran virus Corona.

Salah satu wahana yang belakangan digandrungi para wisatawan adalah diving dan snorkeling. Alasannya,karena Pantai Bohay yang terletak 200 meter di sisi barat pembangkit listrik tenaga uap, PLTU Paiton ini, kaya dengan berbagai jenis terumbu karangnya dan spicies ikannya.

Sebelum diving, pengunjung dibekali pelampung, sepatu selam, selang dan tabung oksigen. Sementara bagi penikmat snorkeling cukup pelampung dan selang katup udara.

Pantai Bohay PaitonPantai Bohay Paiton (Foto: M Rofiq/detikcom)

Anda akan dibawa ke jarak 700 meter dari bibir pantai, eksotika alam Pantai Bohay akan memanjakan mata. Kamu akan melewati kanal PLTU Paiton hingga swafoto di tengah laut dengan latar cerobong asap PLTU Paiton.

Selanjutnya, pengunjung bisa diving menyisir hamparan terumbu karang seluas 3,5 hektar. Area ini terbagi dalam dua spot.

Pengunjung juga bisa bermain-main dengan ikan nemo, yang menjadi satwa endemik alam bawah laut Pantai Bohay. Jika beruntung bisa melihat kawanan hiu tutul mencari makanan plankton di sekitar pantai tersebut.

Pantai Bohay PaitonBersiap snorkeling dan diving di Pantai Bohay Paiton (Foto: M Rofiq/detikcom)

Surga bawah laut Pantai Bohay menyajikan sekitar 550 jenis terumbu karang dan sedikitnya 600 jenis ikan. Tentu, keberadaannya tak kalah eksotis dibanding dengan bawah laut lainnya, di tambah laut Pantai Bohay juga sangat jernih.

"Beberapa orang yang sudah snorkeling di Pantai Bohay ini berkata sangat bagus banyak berbagai jenis terumbu karangnya, dan pemandangan bawah lautnya masih asri dan alami, terumbu karang memanjakan pemandangan bawah laut di pantau utara Paiton Probolinggo" jelas Faradies.

Untuk menikmati wisata diving, pengunjung cukup merogoh kocek Rp 250.000 untuk sekali trip. Jika hanya snorkeling maka cukup membayar tiket Rp 100.000.

"Saya jamin kalau untuk wisata diving dan snorkelingnya di Pantai Bohay Paiton tidak akan kecewa dengan panorama alam wisata bawah lautnya" tegas salah satu operator Pantai Bohay, Abdul Qomar.

Saat ini, diiving dan snorkeling Pantai Bohay kian digandrungi, selain karena alam bawah lautnya yang eksotis juga dinilai aman dari paparan COVID- 19. Penasaran, yuk datang berlibur ke Pantai Bohay Paiton di Kabupaten Probolinggo dan tetap patuhi protokol kesehatan ya!



Simak Video "Hii, Ada Helm Gerak Sendiri di Kantor Dishub Probolinggo"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA