Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Jan 2021 09:22 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kafe Kekininan di Cirebon, Berada di Tengah Sawah

Sudirman Wamad
detikTravel
Paddi Cafe Bistro
Foto: (Sudirman Wamad/detikcom)
Kabupaten Cirebon -

Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, dikenal sebagai salah satu surganya kuliner dan belanja batik favorit. Di Jalan Soekarno-Hatta Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon yang juga dikenal sebagai destinasi wisata kuliner terdapat kafe unik yang berlokasi di tengah area persawahan.

Namanya Paddi Cafe Bistro. Tempatnya terbilang sederhana dan minimalis. Nama Paddi terinspirasi dari tanaman padi dan persawahan. Sebab, kafe ini terletak di areal persawahan. Pengunjung akan dimanjakan dengan semilir angin dan segarnya tanaman padi.

Pemandangan di kafe ini terbilang cukup menarik, selain pemandangan areal persawahan. Pada bagian selatan, pengunjung juga bisa melihat penampakan gagahnya Gunung Ciremai. Tentunya saat cuaca sedang cerah. Ketika mendung, pemandangan Gunung Ciremai tertutup kabut.

Pemilik kafe menyediakan ruangan non-AC atau tanpa pendingin ruangan di bagian samping. Lokasi ini sangat cocok bagi penikmat kopi yang ingin memandang areal persawahan. Tak hanya itu, desain bangunan juga didominasi dengan kaca. Tujuannya agar pengunjung dari dalam kafe bisa menikmati pemandangan sawah.

Paddi Cafe BistroPaddi Cafe Bistro Foto: (Sudirman Wamad/detikcom)

"Kita ingin mengakomodir orang-orang yang pengin ke sawah, nongkrong, menikmati suasana, mengopi, dan lainnya. Kita sediakan tempat duduk di samping persis dekat sawah," kata Anton Octavianto selaku pemilik Paddi Cafe Bistro saat berbincang dengan detikcom.

Anton menjelaskan alasannya menggunakan nama Paddi untuk kafenya. Paddi, lanjut Anton, terinspirasi dari tanaman padi yang memiliki nilai filosofis. "Tanaman padi kan semakin berisi, semakin menunduk. Kami harap (kafe) ini bisa seperti padi. Kemudian karena memang kita berada di persawahan," kata Anton.

Kafe itu menyuguhkan seduhan kopi dengan racikan modern. Tak hanya kopi, kafe ini menyuguhkan banyak menu. Menu makanan andalannya mie sapi, mie isi daging sapi cincang. Kemudian ada menu minuman favorit yakni kopi susu paddi dan es lemon glamor.

Paddi Cafe BistroPaddi Cafe Bistro Foto: (Sudirman Wamad/detikcom)

Pengunjung cukup merogoh kocek dari Rp 12 ribu hingga Rp 33 ribu untuk menikmati makanan dan minuman sembari menikmati pemandangan sawah. Kafe ini buka setiap hari.

"Ada juga empal gentong, makanan tradisional. Kemudian pisang goreng pasir dan lainnya," kata Anton.

Salah seorang pengunjung, Heri Saripudin (32) mengaku suka dengan konsep kafe yang berada di tengah sawah itu.

"Selama ini kafe-kafe modern ini banyaknya di pusat kota. Sekarang ada juga yang di persawahan. Keren lah, ngopi sambil menikmati angin dan pemandangan sawah," kata Heri.

Paddi Cafe Bistro terletak di areal persawahan Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.



Simak Video "Jatuh Bangun Bisnis Kafe saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA