Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 17 Jan 2021 14:02 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Curug Cikondang, Airnya Dipercaya Pembawa Ketenaran

Ismet Selamet
detikTravel
Curug Cikondang
Curug Cikondang dipercaya bisa membawa ketenaran. (Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Curug Cikondang, wisata air terjun yang berada di Kampung Sindanghela, Desa Wangunjaya, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memiliki berbagai mitos. Salah satunya, airnya dianggap sebagai pembawa ketenaran atau membuat populer.

Mitos itu sesuai dengan kata 'kondang' dalam nama Curug Cikondang yang berarti terkenal. Ci dimaknai sebagai air dalam bahasa Sunda.

Ketua Kompepar Curug Cikondang, Sundara Saputra, mengatakan masyarakat di Cianjur terutama di Kecamatan Campaka mempercayai jika siapapun yang mandi dan bersemedi di Curug Cikondang akan diberi ketenaran.

"Kepercayaan masyarakat seperti itu, kalau mandi ataupun bersemedi di Curug Cikondang akan tenar atau kondang," tuturnya.

"Meskipun tak bisa dibuktikan secara jelas, tapi mitos itu dipercaya masyarakat," dia menambahkan.

Selain memiliki mitos membawa ketenaran, Curug Cikondang juga memiliki sisi mistis dengan berbagai sosok gaib yang berdiam di sana. Menurut Sundara, kerap terlihat sosok wanita dan beberapa sosok lainnya.

"Pernah saat tawasulan di Curug, yang ikut tawasulan mendapat gangguan dan ada juga yang diperlihatkan sosok gaib di sana," kata dia.

Namun, Sundara menyebutkan di balik mitos dan sisi mistis itu, Curug Cikondang menjadi daya tarik lantaran pemandangan alam yang indah.

"Tetap yang menjadi utama itu orang berkunjung ke Curug Cikondang itu menikmati suasana dan pemandangan wisata alam yang indah," kata dia.

Dari Situs Purbakala Gunung Padang, curug ini hanya berjarak 9,9 kilometer. Sedangkan jika dari pusat kota Cianjur, jarak ke Curug ini sejauh 37,1 kilometer dengan jarak tempuh sekitar 2 jam.

Curug yang dinamai berdasarkan aliran sungainya yakni sungai Cikondang ini memiliki aneka keindahan alam, tidak hanya saat berada di lokasi curug namun mulai dari perjalanan menuju Curug Cikondang.



Simak Video "My Trip My Adventure: Sensasi Rappelling di Megahnya Curug Cikondang"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA