Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Jan 2021 11:05 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mendaki Gunung Klabat Bisa Singgah di Air Panas Malaikat

Hari Suroto
detikTravel
Hutan Lindung Gunung Klabat Terbakar
Foto: Michelle de Jonker
Manado -

Gunung Klabat adalah salah satu tempat favorit yang banyak dikunjungi wisatawan di Sulawesi Utara. Bisa singgah di air panas para malaikat.

Gunung Klabat memiliki ketinggian 2.020 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan merupakan gunung tertinggi di Sulawesi Utara.

Gunung itu bisa dicapai dari Manado dengan melewati desa tempat pemandian air panas yang oleh masyarakat setempat dikenal dengan Air Madidi. Tempat pemandian air panas ini menurut cerita dulunya tempat mandinya para malaikat.

Dari Puncak Gunung Klabat, traveler bisa menikmati pemandangan indah bagian selatan Danau Tondano, lebatnya hutan Taman Nasional Dua Saudara di sisi timur, sementara di sisi baratnya terlihat pendaran cahaya laut bagian barat dari Pulau Bunaken.

Untuk mendaki Gunung Klabat diperlukan surat izin dari polisi dan bantuan jasa pemandu yang semuanya dapat diperoleh di Desa Air Madidi. Perlu perencanaan untuk menginap setidaknya semalam karena perjalanan menuju puncak gunung cukup menguras tenaga.

Traveler setidaknya memerlukan waktu sekitar 8 jam untuk mendaki dari Desa Air Madidi. Perjalanan sebaiknya dilakukan pagi hari untuk menghindari sengatan matahari.

Untuk mendaki Puncak Gunung Klabat diperlukan waktu hampir seharian dengan beberapa kali istirahat sambil menikmati pemandangan sekitarnya.
Ada tempat beristirahat di tengah-tengah perjalanan jika wisatawan ingin mendaki dalam dua tahap.

Jalur pendakian sangat jelas memungkinkan wisatawan tidak sampai tersesat. Pada malam minggu atau saat bulan purnama banyak sekali anak muda melakukan pendakian pada malam hari.

Dengan begitu ketika sampai di puncak Gunung Klabat mereka bisa menikmati sajian visual matahari terbit.

***

Artikel ini dibuat oleh Hari Suroto dari Balai Arkeologi Papua dan diubah seperlunya oleh redaksi.



Simak Video "Mas Gondrong Bernazar Memotong Rambut di Puncak Rinjani Lombok"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA