Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Jan 2021 15:05 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenal Waduk Gajah Mungkur, Tempat Munculnya Tornado Mikro

Tim detikcom
detikTravel
Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri
Foto: Johanes Randy/Mengenal Waduk Gajah Mungkur, Tempat Munculnya Tornado Mikro
Wonogiri -

Kemunculan waterspout atau tornado skala mikro di Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Jawa Tengah menghebohkan publik. Namun di balik itu ada keindahan alam di waduk tersebut.

Waduk Gajah Mungkur berlokasi di Desa Sendang, 35 km selatan kota Surakarta atau 6 km di selatan Kota Wonogiri, Jawa Tengah. Waduk dibuat dengan membendung Sungai Bengawan Solo.

Dilansir dari buku bertajuk Jelajah Wisata Nusantara: Berbagai Pilihan Tujuan Wisata di 33 Provinsi karya Tri Maya Yulianingsih, waduk ini luasnya sekitar 83 hektare. Waduk dibangun antara lain untuk mencegah banjir tahunan yang melanda wilayah tersebut serta untuk irigasi persawahan.

Penamaan Waduk Gajah Mungkur karena lokasinya dekat Pegunungan Gajah Mungkur di sebelah barat waduk.

Waduk ini dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air. Penduduk sekitar memanfaatkan Waduk Gajah Mungkur sebagai sumber pasokan air.

Waduk ini mengairi sawah di 4 kabupaten sekitar. Dari hasil budidaya perikanan darat misalnya ikan jambal, ikan gabus, udang, penduduk memperoleh tambahan nafkah yang nilainya lumayan.

Waduk Gajah Mungkur juga dimanfaaatkan sebagai objek wisata. Masyarakat memanfaatkannya untuk memancing, jetski, dan dayung.

Di tempat ini juga digelar berbagai kegiatan wisata budaya dan wisata olahraga air bertaraf nasional dan internasional. Kegiatan tersebut seperti lari marathon, ganthole, paralayang, dan balap sepeda.

Di waduk ini juga digelar upacara adat seperti Jamasan Pusaka Mangkunegaran I dan ruwatan massal.

Akses jalan dan sarana transportasi ke Waduk Gajah Mungkur sangat mudah dan murah. Hanya dengan waktu tempuh sekitar 15 menit dari kota Wonogiri, pengunjung dapat langsung sampai ke tempat wisata tersebut.



Simak Video "Angin Puting Beliung di Waduk Wonogiri Picu Kepanikan Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA