Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 24 Jan 2021 22:02 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Lokasi Peninggalan Perang Dunia II di RI yang Bisa Kamu Kunjungi

Putu Intan
detikTravel
Museum perang dunia II
Museum Perang Dunia II di Morotai. Foto: Muhlis Eso/facebook
Jakarta -

Perang Dunia II merupakan kejadian besar dalam perkembangan negara-negara di dunia. Perang ini terjadi pada tahun 1939-1945.

Negara-negara yang terlibat dalam perang yang lebih besar dari Perang Dunia I ini terbagi menjadi dua blok, yaitu sekutu dan poros. Blok Sekutu beranggotakan Uni Soviet, Inggris, Prancis, China, dan Amerika Serikat. Sedangkan blok poros beranggotakan Jerman, Jepang, dan Italia.

Pada masa Perang Dunia II, Indonesia yang masih belum merdeka juga terkena imbasnya. Beberapa peninggalan sejarah Perang Dunia II pun dapat ditemukan di sini. Sampai saat ini, traveler masih dapat menemukan peninggalan tersebut dan melakukan napak tilas di sana.

Berikut ini 5 lokasi peninggalan Perang Dunia II yang bisa traveler kunjungi.

1. Pulau Tarakan

Taman Berlabuh di Tarakan, Kalimantan Utara, ramai didatangi warga sekitar. Tak sedikit warga yang datang ke taman itu untuk menyaksikan matahari terbenam.Taman Berlabuh di Tarakan, Kalimantan Utara, ramai didatangi warga sekitar. Tak sedikit warga yang datang ke taman itu untuk menyaksikan matahari terbenam. Foto: Pradita Utama

Pulau Tarakan terletak di Laut Sulawesi namun masuk dalam wilayah Kalimantan Utara. Berdasarkan catatan sejarah, Pulau Tarakan mulanya hanya pulau kosong yang kerap dijadikan tempat singgah bagi para nelayan.

Namun pada masa Perang Dunia II, pulau ini merupakan lokasi strategis bagi tentara sekutu untuk mengawasi musuh. Di samping itu, sekutu juga membangun pangkalan militer di sana.

Sebagai pangkalan militer, di sana pun dibangun gudang senjata yang berisi pasokan persenjataan sekutu untuk Perang Dunia II. Jika traveler datang ke sana, traveler akan menemukan bekas bunker, barak logistik artileri, dan bangunan-bangunan lain yang digunakan untuk mengintai musuh.

Pulau Tarakan juga menjadi saksi bisu pertumpahan darah antara pasukan sekutu dengan Jepang dalam pertempuran Perang Dunia II.

2. Pulau Biak

Cantiknya Pantai Yendidori di BiakCantiknya Pantai Yendidori di Biak Foto: Melati Raya Sihotang/d'Traveler

Bergerak ke barat laut Papua, tepatnya Pulau Biak, traveler akan kembali menemukan lokasi peninggalan Perang Dunia II. Pulau ini menjadi saksi perang antara pasukan sekutu dengan Jepang.

Saat itu, Jepang mengalami kekalahan. Ini diduga karena mereka kalah dalam jumlah.

Jika datang ke Pulau Biak, sempatkan masuk ke gua yang dijadikan sebagai tempat berlindung pasukan Jepang. Gua Jepang ini juga berisi sisa-sisa senjata dari Perang Dunia II yang masih terawat dengan baik.

Selanjutnya: Kepulauan Mapia, Morotai, dan Lombok

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA