Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 08 Feb 2021 18:07 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

8 Tempat Wisata Angker, Kabarnya Jadi Tempat Pesugihan!

Alas Purwo Banyuwangi
Alas Purwo Banyuwangi (Ardian Fanani/detikcom)

5. Kawasan Pantai Selatan

Sebuah mitos beredar di kawasan pantai selatan, misalnya di Parangtritis, Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng dan lainnya. Kabarnya, orang yang memakai baju hijau di dekat pantai akan diculik oleh Ratu Kidul dan jinnya.

Banyak pula peraturan yang berlaku di sekitar pantai. Seperti larangan berkata kasar, menjaga kebersihan dan larangan berada di pantai saat malam hari atau maghrib. Nah, kabarnya pula, kawasan pantai selatan juga dijadikan untuk tempat bertapa dan pesugihan.

Biarpun begitu, kawasan pantai selatan masih kerap didatangi wisatawan. Keindahannya begitu memukau dan mencuri perhatian.

Pantai ParangtritisPantai Parangtritis Foto: (Yogga Bagas)

6. Situs Batu Naga

Situs batu bergambar naga di kawasan puncak Gunung Tilu, Kuningan, Jawa Barat kabarnya memiliki aroma mistis. Diperkirakan batu tersebut berasal dari zaman prasejarah.

Situs ini dikenal masyarakat dari cerita mulut ke mulut. Menurut Ketua Masyarakat Arkeologi Indonesia, kemungkinan situs digunakan kalangan petapa atau resi untuk mengasingkan diri. Kabarnya kini situs pun dijadikan tempat pesugihan.

7. Gunung Kemukus

Kabar tentang pesugihan juga terdapat di Gunung Kemukus. Bukan dengan tumbal namun sebagian orang yang datang ke Gunung Kemukus mempercayai bahwa zina dengan perempuan di kawasan tersebut akan mendapat kekayaan.

Selain itu, Kemukus yang berada di utara kota Solo ini juga menjadi tempat wisata dan ziarah. Di kawasan gunung, terdapat makam pangeran Samudro dan tokoh agama Islam keturunan Majapahit. Sehingga pada saat-saat tertentu, makan dikunjungi oleh banyak orang.

8. Gunung Lalakon

Konon, Gunung Lalakon yang berlokasi di Kabupaten Bandung menjadi tempat pesugihan. Menurut pengakuan warga setempat pun, gunung tersebut terkenal sangat angker.

Akan tetapi setelah tak ada lagi kuncen di gunung tersebut sudah jarang orang-orang yang datang untuk melakukan pesugihan. Selain itu, ada pula cerita bahwa dahulu para pendaki gunung seringkali kesurupan.

Ada tiga makam yang kabarnya sering didatangi oleh peziarah. Selain itu ada pula batu yang sering dijadikan tempat meminta. Misalnya batu kandang, dengan tujuan ternaknya terhindar dari penyakit.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA