Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Feb 2021 15:53 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ikon Baru Kabupaten Bandung, Munara 99 Sabilulungan

Muhammad Iqbal
detikTravel
Gedung di Kabupaten Bandung.
Munara 99 Sabilulungan (Muhammad Iqbal/detikTravel)
Kabupaten Bandung -

Jika Kota Bandung dan Jakarta memiliki ikon seperti Alun - Alun Bandung dan Monas. Kini, Kabupaten Bandung pun punya ikon baru, yaitu Munara 99 Sabilulungan.

Gedung ini baru saja diresmikan pada pekan lalu (10/2) oleh Bupati Bandung Dadang M. Naser. Menara ini bukan sebatas menara, melainkan akan menjadi tempat pelayanan publik sekaligus ikon bagi Kabupaten Bandung.

Penamaan menara "Munara 99 Sabilulungan" tidak lepas dari nilai persatuan antar agama dan budaya. Penamaan menggunakan bahasa Sunda, di mana munara yang berarti menara dalam bahasa Indonesia. Lalu, Sabilulungan bermakna pula gotong royong.

Selain itu, penggunaan angka 99 amat lekat dengan agama Islam, yakni Asmaul Husna. Bukan hanya itu, 99 pun merupakan ketinggian dari menara tersebut yang ujungnya berada pada ujung kujang.

"Menara 99 value-nya adalah nilai tauhid Asmaul Husna, ketinggian 99 meter tepat di ujung kujang sebagai senjata (simbol) orang Sunda," kata Dadang pada detikTravel dan rekan media beberapa hari lalu.

Gedung di Kabupaten Bandung.Gedung ini berlokasi di Kabupaten Bandung (Muhammad Iqbal/detikTravel)

Jika dilihat dari jauh, nampak sebuah kujang berdiri tegak di atas menara. Kujang memiliki filosofi bagi warga Sunda untuk menjaga lingkungan. Di mana bilah kujang tidak dibuat tajam agar tidak dapat memotong pohon sekaligus juga menjaga alam.

"Senjata orang Sunda itu kujang, pantang memotong kayu, itulah kris kujang urang Sunda," terang Dadang.

Warga maupun pelancong pun bisa melihat Kabupaten Bandung dari ketinggian 75 meter. Di sana, pemandangan hijau pegunungan dan pesawahan nampak jelas terlihat. Selain itu, wajah perkotaan di sana pun bisa terlihat sangat jelas.

Lokasinya berada di dekat pusat pemerintahan Kabupaten Bandung. Lokasinya pun berdekatan dengan pintu tol Soreang - Pasirkoja.

Meski pun belum dibuka bagi umum, nantinya Munara 99 Sabilulungan akan digunakan untuk pusat pelayanan publik. Menara yang memiliki empat lantai itu akan diisi 29 pelayanan publik, dari mengurus KTP hingga imigrasi.

Akan ada juga jajanan dan hasil karya UMKM yang akan dijajakan di sana. Rencananya pun, kopi - kopi kebanggaan Kabupaten Bandung siap disajikan.

Ada juga Skywalk yang dibuat langsung menghubungkan menara dengan Masjid Al -Fathu. Di Skywalk pun bisa dijadikan tempat sekedar bersantai dan berswafoto.

"Isi MAL pelayanan publik, ada 29 pelayanan, imigrasi dan pasport, keperluan ekspor impor, dan ada pelayanan dari berbagai dinas, dan DDPMPTSP Jabar, keperluan IMB ada di lantai 2 dan 3. Lantai 1 untuk supermarket UMKM, masih uji coba untuk menampilkan produk 1000 kampung," pungkas Dadang.



Simak Video "Motif Pelaku Gorok Kusir Delman di Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA