Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 28 Feb 2021 08:41 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

4 Pilihan Destinasi Wisata yang Aman saat Pandemi

Pemandangan hutan mangrove di kawasan Jakarta dengan latar belakang gedung bertingkat menjadi adaptasi tersendiri bagi keberadaan burung-burung di ibu kota. Keberadaan burung di ibu kota harus mampu bertahan dengan kondisi perubahan habitat seperti yang terlihat di kawasan hutan mangrove di Jakarta Utara, Sabtu (12/12)
Hutan mangrove di Jakarta Utara (DEDYISTANTO)
Jakarta -

Traveler yang sudah hampir satu tahun di rumah saja sejak wabah Covid-19 melanda Indonesia, mungkin sudah mulai penat dan ingin berlibur meski sejenak. Berikut empat destinasi aman saat pandemi.

Tak bisa dipungkiri, pandemi virus Corona membuat agenda perjalanan tertunda, baik keluar negeri atau bahkan hanya sekedar travelling dalam negeri. Moda transportasi sempat dihentikan, baik bepergian dengan pesawat, via darat, ataupun laut.

Dalam prosesnya, orang-orang mulai bisa bepergian dengan pembatasan dan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Tidak cuma moda transportasi yang dibatasi, namun taman hiburan dan tempat wisata pun buka tutup. Saat dibuka, tempat-tempat tamasya itu juga membatasi kunjungan serta menerapkan protokol kesehatan.

Selain pandemi, kondisi cuaca saat ini juga kerap menimbulkan kekhawatiran tersendiri saat travelling.

Tapi, di sisi lain kegiatan outdoor tetap disarankan untuk menjaga kebugaran traveler. Asalkan, tetap menerapkan protokol kesehatan, utamanya menjaga jarak memakai masker, dan menjaga kebersihan.

Nah, traveler yang memutuskan untuk melakukan perjalanan, tempat-tempat ini bisa dijadikan pilihan untuk menghabiskan akhir pekan kendati pandemi virus Corona belum benar-benar usai.

1. Destinasi Wisata Alam

Curug-curug di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat sedang menjadi primadona traveler. Hiking di Sentul itu justru naik daun saat pandemi virus Corona.Curug-curug di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat sedang menjadi primadona traveler. Hiking di Sentul itu justru naik daun saat pandemi virus Corona. (Grandyos Zafna/detikcom)

Destinasi wisata alam seperti pegunungan, pantai, bahkan air terjun bisa traveler pilih untuk mengisi libur akhir pekan. Selain sirkulasi udara yang lancar, wisata alam biasanya memiliki area yang cukup luas sehingga traveler tetap bisa menjaga jarak dengan pengunjung lain.

Beberapa destinasi alam dekat ibu kota yang bisa Anda kunjungi antara lain Kepulauan Seribu, trekking di daerah Bogor, bahkan pergi staycation di Kota Kembang.

2. Taman Kota

Hutan Kota GBK menjadi alternatif wisata selain ke mal. Biasanya hutan kota itu menjadi tempat untuk menghabiskan waktu sore.Hutan Kota GBK menjadi alternatif wisata selain ke mal. Biasanya hutan kota itu menjadi tempat untuk menghabiskan waktu sore. Foto: Grandyos Zafna

Jika traveler tetap ingin berada di tengah kota, destinasi outdoor lain seperti hutan kota di kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Taman Menteng, Taman Suropati, Hutan Mangrove PIK, dan Taman Tribeca, mungkin cocok untuk traveler. Selain menikmati pemandangan, traveler bisa berpiknik bersama dengan keluarga.

3. Destinasi yang menerapkan protokol CHSE

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerapkan PSBB transisi. Tempat wisata pun dibuka kembali, salah satunya Sea World Ancol.Sea world Ancol Foto: Pradita Utama/detikcom

CHSE atau cleanliness, Health, Safety, dan Environment merupakan standar protokol kesehatan yang diberlakukan di Indonesia. Traveler bisa mendatangi beberapa destinasi wisata yang sudah memiliki sertifikat CHSE sebagai tempat liburan.

Di Jakarta, traveler bisa singgah di Sea World, Dunia Fantasi, Taman Mini Indonesia Indah, dan Waterboom PIK sudah mengantongi sertifikat CHSE.

4. Destinasi yang Membatasi Pengunjung

Idris si manusia batuMuseum Fatahillah Jakarta (Ari Saputra/detikTravel)

Social distancing merupakan salah satu komponen penting dalam upaya mencegah penularan Covid-19. Beberapa destinasi indoor seperti pusat perbelanjaan, museum, dan galeri seni, sudah memberlakukan pembatasan pengunjung untuk mendukung social distancing.

Traveling di kala pandemi memang sudah bisa Anda lakukan, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, menjaga jarak, selalu menggunakan masker dan menggunakan hand sanitizer. Tapi, kalau bisa tetap di rumah saja, ya.



Simak Video "Buka untuk Aktivitas Olahraga, Pengunjung TMII Jauh di Bawah Kapasitas"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA