Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 06 Mar 2021 09:53 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Suka Tantangan? Wajib Coba River Tubing di Sungai Cikadongdong Majalengka

Bima Bagaskara
detikTravel
Menikmati akhir pekan dengan menjajal olahraga air yang memacu adrenalin bisa jadi pilihan travelers saat berkunjung ke Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
Foto: Bima Bagaskara/detikcom
Majalengka -

Menikmati akhir pekan dengan menjajal olahraga air yang memacu adrenalin bisa jadi pilihan travelers saat berkunjung ke Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Di Kecamatan Rajagaluh tepatnya di Desa Payung, terdapat sebuah aliran sungai bernama Cikadongdong. Di sungai ini, travelers bisa berlibur sekaligus menjajal olahraga air berupa river tubing.

Untuk bisa menuju destinasi wisata air ini cukup mudah karena bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jaraknya pun tidak terlalu jauh, hanya berkisar 21 kilometer dari pusat kota Majalengka.

Wisata air Cikadongdong River Tubing sendiri merupakan salah satu destinasi wisata unggulan yang ada di Kabupaten Majalengka. Bahkan Cikadongdong River Tubing pernah dinobatkan sebagai Wisata Air Terpopuler Anugerah Pesona Indonesia tahun 2019.

Hulu sungai yang berada di kaki Gunung Ciremai membuat air yang mengalir di Sungai Cikadongdong ini begitu jernih dan menyegarkan. Selain itu bebatuan di Sungai Cikadongdong juga telah ditata sedemikian rupa sehingga aman bagi wisatawan.

Cikadongdong River Tubing ini sangat cocok dijadikan tujuan berlibur dengan mengajak keluarga maupun kerabat. Pengalaman baru yang menyenangkan dipastikan ketika menjajal wisata air Cikadongdong River Tubing.

Ada dua pilihan rute yang bisa dinikmati travelers, yaitu rute dengan jarak 350 meter dan 1 kilometer. Masing-masing rute itu tentunya memberikan sensasi berbeda.

Selama perjalanan menyusuri sungai, travelers akan dihadapkan dengan banyak rintangan yang memacu adrenalin. Mulai dari arus sungai yang landai hingga deras serta terjalnya bebatuan harus dilalui.

Bagi yang belum berpengalaman bermain river tubing, travelers tidak perlu khawatir karena disepanjang aliran sungai sudah ada petugas yang berjaga dan ada seorang pemandu yang ikut dalam rombongan.

Menikmati akhir pekan dengan menjajal olahraga air yang memacu adrenalin bisa jadi pilihan travelers saat berkunjung ke Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.River tubing Sungai Cikadongdong. Foto: Bima Bagaskara/detikcom

Wisata air ini termasuk dalam permainan tim. Dalam satu timnya beranggotakan minimal 4-5 orang yang sudah termasuk seorang pemandu.

"Disini ada dua rute yang pertama itu 350 meter biasanya untuk pemula, ada juga yang 1 kilometer. Tapi kalau pemula mau yang 1 kilometer itu juga bisa karena kita pastikan keamanannya," kata Panji Raharja pengelola Cikadongdong River Tubing saat ditemui di lokasi Sabtu (6/3/2021).

Untuk bisa menikmati wisata air itu, travelers hanya perlu membayar Rp 25 ribu hingga Rp 35 ribu untuk rute 350 meter dan Rp 85 ribu untuk rute 1 kilometer.

Harga tersebut sudah termasuk biaya sewa perlengkapan helm safety, decker tangan dan kaki, sewa ban dan pelampung, asuransi dan dokumentasi.

"Untuk harganya kita sedang promo hingga menjelang puasa. Untuk yang 350 meter itu 25 ribu hari biasa dan 35 ribu akhir pekan. Kalau yang 1 kilometer itu 85 ribu, ada tambahan fasilitas yaitu penjemputan di titik finish dan cemilan," ucap Panji.

Cikadongdong River Tubing juga memiliki fasilitas penunjang lain yang memadai seperti toilet, mushola, sarana parkir hingga beberapa kedai jajanan. Tentunya destinasi wisata ini sangat direkomendasikan untuk jadi tujuan berlibur di akhir pekan.



Simak Video "Wahana Flying Fox di Sedekan River Tubing"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA