Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 07 Mar 2021 06:00 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

30 Tempat Wisata Bandung untuk Liburan Akhir Pekan

Putu Intan
detikTravel
Wot Batu merupakan sebuah tempat wisata seni dan budaya di Bandung, Jawa Barat. Warga banyak menghabiskan akhir pekan dengan berlibur di sini.
30 tempat wisata di Bandung yang asyik buat akhir pekan Foto: Grandyos Zafna

20. Critical 11 Cafe

Unik! Bisa Olahraga dan Lihat Pesawat di Kafe Bandung IniCritical 11. Foto: Siti Fatimah/detikcom

Kafe yang berada di Jalan Pajajaran Dalam nomor 148, Husein Sastranegara, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung ini menyuguhkan konsep kafe sport lifestyle. Tidak hanya nongkrong, travelers diberi kesempatan untuk berolahraga dengan fasilitas yang sudah tersedia di sana.

Menariknya, karena lokasi yang bersebelahan dengan Bandara Husein Sastranegara, maka di jam-jam tertentu travelers dapat melihat take off and landing pesawat. Bahkan di bagian sebelum pintu masuk, kafe ini punya ciri khas khusus signature 'Departure' yang merupakan istilah dalam penerbangan.

Pemilihan nama kafe pun bukan tanpa alasan. Menurut Owner Critical 11 Obed Darmawan, pengambilan nama tersebut diambil dari istilah aviasi.

Untuk bisa nongkrong di kafe ini, traveler harus membayar tiket masuk seharga Rp 10 ribu saat weekdays dan Rp 20 ribu saat weekend. Harga makanan dan minuman rata-rata Rp 25-Rp 50 ribu. Jam operasional Critical 11 yaitu 08.00-20.00 WIB setiap harinya.

21. Kopi Malabar Indonesia

Usai tembus pasar Asia, Kopi Malabar kini membidik pasar Eropa. Yuk berkenalan dengan Pendiri Kopi Malabar Indonesia, Supriatnadinuri atau biasa dikenal H Nuri.Usai tembus pasar Asia, Kopi Malabar kini membidik pasar Eropa. Yuk berkenalan dengan Pendiri Kopi Malabar Indonesia, Supriatnadinuri atau biasa dikenal H Nuri. Foto: Agung Pambudhy

Traveler pernah menonton film Filosofi Kopi? Nah, kalau pernah, pasti tak asing dengan Kopi Malabar Indonesia. Ini merupakan kampung yang dijadikan tempat syuting film Filosofi Kopi.

Kampung kopi bernama Kopi Malabar Indonesia terletak di Desa Margamulya, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Tempat ini menawarkan kegiatan belajar seputar kopi.

Paket edukasi kopi untuk peserta pelatihan biasanya memakan waktu 2-3 hari. Selain itu, ada juga paket yang misalnya hanya belajar untuk roasting kopi. Budi mengatakan adapun yang ingin belajar di Kopi Malabar Indonesia tinggal menghubungi manajemen melalui email hingga media sosial, termasuk soal harga masing-masing paket.

22. Trans Studio Bandung

Trans Studio BandungTrans Studio Bandung Foto: Dok. Trans Studio Bandung

Menikmati aneka wahana permain indoor juga bisa dilakukan di Bandung, tepatnya di Trans Studio. Wisata di Bandung ini merupakan theme park indoor yang memiliki wahana terlengkap di Indonesia.

Beberapa wahana di antaranya adalah Dunia Lain, Negeri Raksasa, Dragon Riders, atau Black Heart's Pirate Ship, Giant Swing, Science Center, Yamaha Racing Center dan Vertigo. Harga tiket masuknya adalah Rp 180.000 untuk hari Senin-Kamis. Kemudian Jumat-Minggu dan hari libur nasional adalah Rp 280.000.

Trans Studio Bandung terletak di Trans Studio Mall Jl. Gatot Subroto No.289 Cibangkong , Batununggal,, Kota Bandung. Tempat ini buka mulai pukul 11.00-17.00 WIB.

23. Lawang Wangi Creative Space

Lawang Wangi Creative Space BandungLawang Wangi Creative Space Bandung. Foto: Siti Fatimah/detikcom

Lawang Wangi Creative Space merupakan galeri terbesar yang ada di Bandung. Ruang kreasi Lawang Wangi menjadi wadah bagi para kreasi kreatif, baik bagi seniman senior hingga para seniman muda.

Lokasinya yang jauh dari perkotaan membawa daya tarik tersendiri. Sepanjang perjalanan, traveler akan melihat pemandangan alam dan udara yang sejuk lagi asri. Lokasi tepatnya ada di Jalan Giri no. 99, Mekarwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Di Lawang Wangi Creative Space, pengunjung akan disuguhkan karya seni kontemporer. Jika beruntung saat berkunjung ke sana, traveler bisa melihat karya seni maestro di Indonesia.

Di lantai dua, traveler juga akan menemukan Cafe Colaborea. Di sana terdapat berbagai macam menu makanan dan minuman. Menariknya, setiap enam bulan sekali mereka akan mengubah koki dan menunya memiliki kurator tersendiri.

Jam buka Lawang Wangi dari pukul 10.00-21.00 WIB dari hari Selasa sampai Minggu. Fasilitas yang tersedia juga lengkap mulai dari lahan parkir, toilet, dan tak lupa protokol kesehatan COVID-19 juga diterapkan di sini.

Lawang Wangi Creative Space BandungLawang Wangi Creative Space Bandung Foto: Siti Fatimah/detikcom

24. Wot Batu

Wot Batu adalah galeri seni dari seniman Sunaryo. Berada di Jalan Bukit Pakar Timur Nomor 98, Ciburial, Kota Bandung, Jawa Barat, Wot Batu menjadi destinasi pilihan jika liburan ke Bandung.

Wot Batu merupakan sebuah tempat wisata seni dan budaya di Bandung, Jawa Barat. Warga banyak menghabiskan akhir pekan dengan berlibur di sini.Wot Batu merupakan sebuah tempat wisata seni dan budaya di Bandung, Jawa Barat. Warga banyak menghabiskan akhir pekan dengan berlibur di sini. Foto: Grandyos Zafna

Barada di taman seluas 2.000 meter persegi, Sunaryo membangun sebelas instalasi batu yang luar biasa indah. Kira-kira ada sekitar 135 batuan vulkanik yang dipamerkan.

Wot Batu Buka setiap hari mulai pukul 10.00-18.00 WIB. Harga tiket masuknya pun Rp 50.000 untuk umum dan gratis untuk lansia di atas 70 tahun.

25. Mercusuar Cafe & Resto

Mercusuar Cafe & Resto berlokasi di di Jl. Lembah Pakar Timur 2 No.7 Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung. Selain tempat untuk makan dan bersantai, kafe ini punya desain yang sangat instagramable.

Kafe Mercusuar sebagai salah satu destinasi wisata di Bandung terdiri dari enam lantai. Khusus di lantai dua, jika ingin foto-foto, traveler harus order makanan terlebih dahulu. Traveler bisa foto-foto sambil menikmati pemandangan kota Bandung dari mercusuarnya.

Untuk harga tiket masuknya pada hari biasa atau weekdays Rp. 20.000 sedangkan harga untuk weekend atau hari libur nasional Rp 25.000 per orang. Harga tiket tersebut bisa kamu tukar dengan roti yang memiliki harga sama dengan tiket masuk yang sudah kamu beli. Anak-anak dengan tinggi di bawah 100 cm tidak perlu bayar tiket masuk.

26. Tenda di Bawah Bintang

Tenda di Bawah BintangTenda di Bawah Bintang. Foto: Siti Fatimah/detikcom

Bandung punya kafe bioskop unik bertema outdoor. Sambil nonton film, traveler bisa merasakan sejuknya alam dan memandang taburan bintang di langit.

Tempat wisata itu bernama Tenda di Bawah Bintang yang terletak di Jalan Sersan Bajuri No. 102 Bandung. Tempat wisata ini menyajikan pengalaman dan momen special nonton film serta berpiknik bersama orang terkasih di tengah masa sulit.

Di sana, pengunjung bisa menikmati pemandangan terutama saat senja sampai munculnya bintang-bintang dan cahaya lampu Kota Lembang, Bandung. Menuju malam, pengunjung disajikan dengan co-streaming bisa berupa musik, film, dan lain-lain.

Soal harga, cukup terjangkau yaitu mulai Rp 98 ribu per orang dan gratis untuk anak-anak dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Biaya tersebut sudah termasuk biaya sewa tenda, cemilan gratis, dan film yang diputar.

27. Rumah Budaya Rosid

Rumah Budaya RosidRumah Budaya Rosid. Foto: (Siti Fatimah/detikcom)

Rumah Budaya Rosid merupakan studio seni dan kafe yang suasananya mirip di Yogyakarta. Pengunjung akan disambut dengan gapura dari kecil yang berhiaskan ukiran kayu. Begitu pun di dinding-dinding ada beberapa ukiran yang sengaja dibuat acak.

Selain itu, bertemu dengan suasana pedesaan yang khas dengan perabotan dan tiang penyangga yang berbahan kayu dan batu akan mulai terasa. Design interior disatukan dengan artefak khas Jawa dan peralatan petani.

Meja dan kursi yang digunakan untuk pengunjung juga terbuat dari batu dan kayu. Kayu yang digunakan murni dari kayu jati dibuat dan diukir sendiri dengan keterampilan alami pembuatnya.

Nuansa seperti ini berlokasi di Jalan Cigadung Raya Tengah No. 40 Cigadung Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung. Tempatnya adem karena banyak pohon-pohon dan menu makanan dengan harga yang terjangkau.

Untuk menuju lokasi wisata budaya ini, traveler tidak dikenakan tarif masuk hanya membayar parkir dan jika berminat membeli makanan dan minuman serta kopi di Cafe Studio Rosid di Bandung. Harga makanan dan minuman sangat terjangkau mulai dari Rp 8 ribu.

28. Tangga Seribu

Tangga Seribu, Wisata Hidden Gem yang Mempesona di Bandung TimurTangga Seribu, Wisata Hidden Gem yang Mempesona di Bandung Timur Foto: Siti Fatimah/detikcom

Wisata di Bandung ini baru dibuka pada 2017. Seperti namanya, saat tiba di Tangga Seribu wisatawan akan bertemu dengan anak tangga dalam jumlah yang banyak. Lokasinya berada di RW 18 Desa Cibiru Wetan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Setibanya di puncak Tangga Seribu, traveler bisa menikmati banyak wahana. Sebut saja taman bermain anak-anak, jembatan cinta, atau warung-warung kecil yang disertai dengan saung untuk beristirahat. Pohon pinus dan jati yang menjulang tinggi menambah suasana di Tangga Seribu lebih sejuk.

Untuk datang ke Tangga Seribu, hanya cukup merogoh kocek Rp 3.500 per orang. Sedangkan kemping Rp 5.000 per orang dan per malam. Jam operasional pun diatur hingga pukul 18.00 WIB.

29. D'Dieuland Lembang

D'DieulandD'Dieuland. Foto: Iis Maliya Dewi/d'Traveler

Di kawasan Lembang juga ada wisata baru lagi. Namanya adalah D'Dieuland.

Tempat wisata ini menyuguhkan area bermain indoor dan outdoor untuk anak. Selain itu, orang tua bisa bersantai sambil menikmati berbagai hidangan yang dijajakan di area wisata D'Dieuland, ditemani pemandangan yang memanjakan mata.

Kegiatan menyenangkan lain yang bisa dilakukan di tempat wisata ini adalah melintasi skywalk setinggi 10 meter di atas permukaan tanah. Dari sana, pengunjung akan semakin leluasa menikmati pemandangan alam.

D'Dieuland buka mulai pukul 10.00-20.00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 15.000-65.000.

30. Curug Malela

Butuh yang segar-segar, ada di Curug Malela. Air terjun yang dijuluki Niagara Falls mini ini merupakan sumber air terjun yang berasal dari hulu sungai bagian utara Gunung Kendeng.

Curug Malela BandungCurug Malela Bandung Foto: (Arif wahyu maulana/d'treveler)

Gunung Kendeng sendiri ialah gunung berapi pasif yang terletak di sebelah barat Ciwidey. Sungai itu kemudian mengalir melintasi sungai Cidadap Gunung Halu.

Curug Malela Bandung atau The Little Niagara memiliki ketinggian sekitar 60 meter dengan lebar curug mencapai 70 meter. Curug memiliki 5 buah jalur air terjun yang sangat mempesona.

Curug ini buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Harga tiketnya adalah Rp 5.000.

Itulah 30 objek wisata di Bandung. Selama pandemi COVID-19, tetap patuhi protokol kesehatan di destinasi wisata yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA