Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Mar 2021 23:16 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini 5 Tempat Wisata di Daratan Flores yang Wajib Dikunjungi

Perbukitan di Labuan Baju memang cantik dengan lanskap yang khas. Salah satunya adalah Bukit Cinta, spot yang benar-benar romantis.
Foto: Dikhy Sasra
Manggarai Barat -

Ada banyak cara untuk menikmati wisata di Labuan Bajo. Ada yang menikmatinya dengan live aboard di atas kapal, bersantai di resort, atau sekedar bermain di pantai. Bukan hanya snorkeling atau melihat komodo, nyatanya tanah Flores menyimpan begitu banyak keindahan alam dan budaya yang patut dikunjungi.

Dari mulai keindahan alam hingga keramahtamahan warga adat setempat, Anda bisa menikmati pengalaman wisata di Labuan Bajo yang tidak terlupakan. Mulailah dengan mengunjungi beberapa tempat di bawah ini.

1. Bukit Cinta

Perbukitan di Labuan Baju memang cantik dengan lanskap yang khas. Salah satunya adalah Bukit Cinta, spot yang benar-benar romantis.Bukit Cinta, spot yang benar-benar romantis. Foto: Dikhy Sasra

Hanya sepuluh menit dari pelabuhan, ada sebuah tempat wisata di Labuan Bajo yang tersembunyi dan jarang diketahui wisatawan. Bukit Cinta adalah salah satu daratan tertinggi di Labuan Bajo. Bukit ini menyajikan pemandangan kesibukan kota dan aktivitas dermaga dari ketinggian. Waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah saat matahari mulai condong ke barat untuk menikmati pemandangan berwarna keemasan.

2. Gua Batu Cermin

Gua di Labuan Bajo.Gua di Labuan Bajo. Foto: (bektiyusti/d'Traveler)

Tempat wisata di Labuan Bajo ini menjadi saksi dan bukti sejarah perkembangan bumi sejak jutaan tahun lalu. Dari strukturnya saja, sudah terlihat bahwa gua ini merupakan gua bawah laut.

Seiring dengan perkembangan bumi, gua ini akhirnya terangkat ke permukaan dan kini bisa dikunjungi. Nama Batu Cermin sendiri di ambil karena dinding gua ini memantulkan sinar matahari. Anda pun bisa melihat langsung beberapa fossil hewan laut di dindingnya.

3. Cunca Wulang

Air Terjun Cunca WulangAir Terjun Cunca Wulang Foto: (Nafisah Wulandari/d'Traveler)

Air terjun ini merupakan tempat wisata di Labuan Bajo yang cukup populer di kalangan petualang. Jaraknya sekitar 30 menit dari Labuan Bajo, namun Anda harus melanjutkan perjalanan dengan sedikit trekking menuju air terjun. Aliran airnya diapit oleh dua tebing batu yang menjulang. Kalau berani, Anda pun bisa melompat dari puncak tebingnya langsung ke air yang sejuk.

4. Liang Bua

Gua Liang Bua di FloresGua Liang Bua di Flores Foto: (Neny Stiowati/d'Traveler)

Anda bisa menyaksikan bukti kehidupan manusia prasejarah di tempat wisata di Labuan Bajo ini. Di sinilah pertama kali ditemukannya fosil manusia kerdil Homo floresiensis. Selain fosil manusia, ditemukan pula berbagai peninggalan purba di dalam gua ini, di antaranya fosil gajah purba, biawak, hingga tikus raksasa. Karena lokasinya cukup terpencil, Anda disarankan bermalam di desa setempat jika ingin berkunjung ke gua ini.

5. Desa Adat Wae Rebo

Desa adat FloresDesa adat Flores Foto: (christian.erich23/d'traveler)


Ada begitu banyak desa wisata di Labuan Bajo, dan Wae Rebo adalah salah satu yang paling populer. Untuk tiba di desa ini, Anda harus menempuh perjalanan darat selama enam jam. Namun, semua usaha itu akan terbayar ketika melihat indahnya desa adat Wae Rebo. Ada tujuh rumah adat yang ditinggali oleh masyarakat adat setempat. Anda bahkan bisa melihat gugusan bintang di malam hari ketika langit sedang cerah.

Usai puas berwisata, Anda pun bisa beristirahat dengan nyaman di hotel di Labuan Bajo yang juga dikelilingi pemandangan alam yang indah.



Simak Video "Kunjungan ke Labuan Bajo Naik 30% dari Tahun 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA