Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Mar 2021 11:19 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

7 Fakta Es Krim Zangrandi yang Legendaris Itu

Femi Diah
detikTravel
Zangrandi Ice Cream Resmi Tutup, Hanya Layani Take Away di Hari Terakhir
Kedai es krim Zangrandi tutup (Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Kedai es krim legendaris di Surabaya, Graha Es Krim Zangrandi, dikabarkan bakal tutup. Berikut fakta unik es krim Zangradi.

Kedai es krim Zangrandi sudah menjadi bagian dari ikon Surabaya. Tempat itu menjadi destinasi wisata kuliner favorit traveler di Kota Pahlawan. Boleh dibilang belum ke Surabaya kalau belum singgah ke kedai es krim Zangrandi

Tapi pada Senin (22/3/2021), kedai es krim Zangrandi sudah tidak menerima pelanggan. Kursi dan meja ditumpuk dan pagar kedai ditutup. Salah satu pegawai bilang dia cuma menghabiskan stok dan melayani take away.

Kabarnya, kedai es krim Zangrandi bakal tutup karena ada konflik keluarga. Tapi, mereka belum dapat memutuskan kedai itu ditutup permanen atau sementara.

Untuk mengenang kedai es krim Zangrandi yang begitu legendaris, berikut faktanya:

1. Kedai es krim lawas

Zangrandi merupakan salah satu kedai es krim tertua di Indonesia. Kedai es krim Zangradi berdiri sejak 1930.

2. Dibangun oleh orang Italia

Es Krim Zangrandi didirikan oleh keluarga Italia Zangrandi. Es krim itu diracik oleh Nyonya Roberto Zangrandi dan menggunakan nama Mevrouw Zangrandi.

3. Pindah pemilik

Tapi kemudian keluarga Zangrandi harus pulang ke Italia pada 1960. Toko dan resep es krimnya dibeli sahabatnya bernama Aditanumulia.

3. Berganti nama

Sejak dibeli Aditanumulia, nama kedai berganti menjadi Graha Es Krim Zangrandi. Pusatnya di Jalan Yos Sudarso Nomor 15 Embong Kaliasin, Genteng dan cabangnya berada di Pasar Atum Mall.

Zangrandi Ice Cream Resmi Tutup, Hanya Layani Take Away di Hari TerakhirZangrandi Ice Cream Resmi Tutup, Hanya Layani Take Away di Hari Terakhir Foto: Esti Widiyana/detikcom

4. Tanpa pengawet

Kedai es krim Zangrandi mempertahankan resep asli kendati berpindah tangan. Bahan yang digunakan merupakan bahan alami dan tanpa pengawet.

5. Kedai bernuansa lawas

Bangunan Graha Es krim Zangrandi memiliki teras yang cukup luas seperti joglo. Di bagian itu terdapat kursi dan meja rotan tua dengan warna terang.

Kesan tua diperkuat dengan keramik bermotif bunga yang warnanya mulai pudar.

Zangrandi Ice Cream Resmi Tutup, Hanya Layani Take Away di Hari TerakhirZangrandi Ice Cream Resmi Tutup, Hanya Layani Take Away di Hari Terakhir Foto: Esti Widiyana/detikcom

6. Cagar budaya

Bangunan Graha Es krim Zangrandi di Surabaya itu ditetapkan sebagai cagar budaya sejak 2009 oleh Wali Kota Bambang Dwi Hartono.

7. 4 rasa klasik

Awalnya, es krim Zangrandi memiliki empat rasa yakni cokelat, vanila, stroberi, dan moka. Seiring berjalannya waktu, varian rasa makin beragam, di antaranya tutti frutti, macadonia, kopyor, raspberi, durian, hingga es krim soda.



Simak Video "Toko Es Krim Legendaris Zangrandi Disebut Bakal Tutup, Permanen?"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA