Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 28 Mar 2021 12:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Gentongan, Air Terjun Asam Namun Eksotis di Bondowoso

Chuk Shatu W
detikTravel
Gentongan, Air Terjun Asam dan Berbusa Namun Eksotis di Bondowoso
Foto: (Chuk Shatu W/detikcom)
Bondowoso -

Sebuah air terjun menawan terdapat di kawasan Pegunungan Ijen. Bukan cuma menawan, air di lokasi ini juga memiliki keasaman sangat tinggi. Seperti apa ?

Air terjun Gentongan memiliki tingkat keasaman (pH) sangat tinggi. Dari sejumlah literatur, derajat keasaman airnya mencapai 0,6-0,8. Pun mengandung unsur kimia Fe, Al, Ca, Cl, F, serta SO4.

Terletak di Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Bodowoso, air terjun ini berhulu di Kawah Ijen. Sehingga tingkat keasamannya hampir sama dengan air Kawah Ijen yang terletak di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi ini.

Air terjun Gentongan berada begitu jauh dari perkampungan penduduk. Tepatnya di area perkebunan kopi mili afdeling Watu Capil, PTPN XII Kebun Blawan.

Gentongan, Air Terjun Asam dan Berbusa Namun Eksotis di BondowosoGentongan, Air Terjun Asam dan Berbusa Namun Eksotis di Bondowoso Foto: (Chuk Shatu W/detikcom)


Lokasinya juga relatif dekat dengan akses jalan menuju Kawah Ijen. Hanya saja tetap diperlukan tenaga ekstra. Karena posisinya ada di sebuah ngarai berkedalaman sekitar 50 meter. Melewati jalan setapak yang cukup licin saat musim hujan.

Namun ketika sampai di bawah, pemandangan menakjubkan tampak tergambar. Yakni, sebuah air terjun berwarna putih kekuningan seolah menyembul dari celah bebatuan tebing.

Tak begitu tinggi, memang. Hanya sekitar 25 meter. Pun debitnya tak banyak. Tapi air terjun yang lantas mengalir ke sungai di bawahnya tampak seperti salju. Karena airnya berbusa. Hal itu lantaran airnya memang mengandung belerang.

"Luar biasa juga air terjun ini. Seperti melihat air terjun busa," tutur Ayuning, salah seorang pengunjung yang mengaku asal Yogyakarta, saat berbincang dengan detikcom, Minggu (28/3/2021).

Gentongan, Air Terjun Asam dan Berbusa Namun Eksotis di BondowosoGentongan, Air Terjun Asam dan Berbusa Namun Eksotis di Bondowoso Foto: (Chuk Shatu W/detikcom)

Ia yang mengaku datang bersama keluarganya tersebut juga berujar, yang jadi sedikit kendala lokasi air terjun ini memang akses turun ke lokasi. Terjal dan cukup berbahaya. Apalagi untuk orang tua dan anak-anak.

"Saya lumayan sering ke kawah Ijen. Tapi baru tau juga kalau ternyata ada air terjun indah seperti ini," pungkas Ayuning.

Sementara Ketua Pengurus Harian Ijen Geopark, Arif Setyo Raharjo, menjelaskan jika air terjun Gentongan termasuk salah satu situs geologi yang juga sudah diajukan sebagai UNESCO Global Geopark (UGG).

Sebab, imbuh Arif, air terjun Gentongan tersebut merupakan situs geologi sisa letusan eksplosif gunung Ijen Purba ribuan tahun lalu. Gunung Ijen Purba merupakan cikal bakal adanya Kawah Ijen, Gunung Raung, maupun beberapa gunung lainnya yang ada di wilayah Bondowoso dan sekitarnya.

"Untuk sarana dan prasarana maupun fasilitas publik penunjang lainnya, secara bertahap akan segera kami benahi," papar Arif Setyo Raharjo.



Simak Video "5 Calon TKW Loncat dari Atap Tempat Karantina, 3 Patah Tulang"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA